Marrin News

"Ratu" Catharina-Agatha Sabet Medali 3km OWS, Malra Rajai Cabor Renang POPMAL IV

Catharina-Agatha dan Maria saat menerima medali atas pencapaian kemenangan di nomor 3km open water swimming POPMAL IV 2022, yang dilangsungkan di Teluk Dalam Ambon, Minggu (20/11/2022) siang. Foto: istimewa. 

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com - Prestasi membanggakan kembali diukir perenang putri Maluku Tenggara (Malra), Catharina Alatubir dan Agatha Elmas. Catharina-Agtha tercatat masih menjadi "Ratu" renang Pekan Olahraga Provinsi Maluku (POPMAL) IV Kota Ambon 2022.

Catatan tersebut terukir setelah Catharina-Agatha bersama Maria Trafela sukses mengawinkan tiga medali untuk Maluku Tenggara di nomor 3km (3.000 meter) open water swimming atau perairan terbuka, yang berlangsung di Teluk Dalam Ambon, Minggu (20/11/2022) siang WIT. 

Adapun Catharina Alatubir dinobatkan sebagai perenang tercepat 3km perairan terbuka POPMAL IV, dengan catatan waktu 50:29:29 menit. Ia pun berhak mengantongi medali emas. 

Agatha Elmas menempel dengan torehan medali perak. Agatha menjadi perenang terbaik kedua di nomor yang sama, dengan catatan waktu 50:39:57 menit. 

Menyusul di posisi ketiga (medali perunggu) oleh Maria Trafela. Torehan waktu Maria adalah 52:39:57 menit. 

Sementara perenang Maluku Tenggara lainnya, Magdalena Rahadat harus puas dengan raihan juara harapan satu. Dia menempati posisi keempat. 

Catharina-Agatha-Maria berfoto bersama Ketua PRSI Malra Ana Junus (kanan) dan Kepala BKPSDM Malra Chen Rahajaan. Foto: Istimewa. 

Kesuksesan tim renang putri Maluku Tenggara semakin spesial karena sebelumnya Catharina dan Agatha juga menjuarai nomor 100 dan 50 meter renang kolam gaya bebas putri, pada Jumat (18/11/2022) kemarin.

Torehan medali emas hingga perunggu cabor renang di tiga nomor berbeda untuk Maluku Tenggara diraih oleh perenang yang sama. 

Tak ketinggalan, Herland Rumangun juga pada Jumat kemarin turut mempersembahkan dua medali emas di nomor 50 dan 100 meter renang kolam gaya bebas putra.

Tak ayal, Maluku Tenggara menjadi raja cabang olahraga renang dengan catatan gelar juara dan medali terbanyak di tengah dominasi Kota Ambon yang memuncaki papan klasemen POPMAL IV.

Capaian terbaik tim renang Maluku Tenggara ini pun tentunya sangat berharga bagi para atlet, pelatih dan publik Maluku Tenggara maupun Maluku. 

Bukan karena sekadar Maluku Tenggara merajai turnamen renang skala daerah-POPMAL, tetapi dengan menguasai takhta cabor ini akan menjadi modal untuk Maluku Tenggara dan Maluku dalam turnamen nasional di waktu mendatang. 

Disisi lain, capaian para atlet tersebut bak menjadi pelipur dahaga olahraga prestasi untuk Bumi Larvul Ngabal. Sekaligus pula menjawab target PRSI sebagaimana yang disampaikan ke KONI Maluku Tenggara.

“Sebagai pelatih, saya puas dan bangga karena anak-anak sudah memberikan yang terbaik untuk Maluku Tenggara. Hasil lomba sudah sesuai target yang kami sampaikan ke KONI Maluku Tenggara," ujar Pelatih Renang Malra Ferry Tharob, melansir InfoPublik-Diskominfo Malra, Minggu (20/11). 

Ferry tak luput berucap syukur kepada Sang Khalik. Ia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih untuk semua elemen masyarakat Maluku Tenggara atas dukungan doanya.

Bagi Ferry, dukungan doa masyarakat Maluku Tenggara telah menjadi kekuatan tersendiri bagi anak asuhnya dalam menoreh prestasi di POPMAL 2022.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar