Marrin News

Popmal IV: Maluku Tenggara Kirim 141 Atlet

Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun didampingi Sekda A. Yani Rahawarin serta Kepala Dinas Pendidikan berfoto bersama sejumlah atlet usai acara pelepasan kontingen Maluku Tenggara, di Aula Kantor Bupati, Senin (14/11/2022. Foto: Istimewa

Penulis | Editor: Gerry Ngamel 

LANGGUR, MARRINnews.com - Kabupaten Maluku Tenggara melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Maluku Tenggara mengirim 141 atlet untuk berlaga pada ajang Pekan Olahraga Provinsi Maluku (Popmal) IV. 

Berkekuatan 141 atlet, Maluku Tenggara mengincar tangga prestasi terbaik dalam perhelatan Popmal IV di Kota Ambon, yang dilaksanakan 17-27 November 2022.

Adapun Maluku Tenggara akan mengikuti 14 cabang olahraga dari total 17 cabor yang dipertandingkan di Popmal 2022.

Ketua Kontingen Maluku Tenggara Bernardus Rettob mengungkapkan bahwa atlet Maluku Tenggara akan didampingi oleh 24 pelatih dan 54 pendamping dari unsur Kepala OPD  dan Pengurus KONI Maluku Tenggara . 

Kabupaten Maluku Tenggara juga mengirim wasit sebanyak 2 orang. 

"Total jumlah rombongan kontingen Kabupaten Maluku Tenggara adalah 221 orang," sebut Rettob dalam laporannya saat acara pelepasan kontingen di Aula Kantor Bupati Maluku Tenggara, Senin (14/11/2022). 

Selama Popmal IV, lanjut kata Bernardus, kontingen Maluku Tenggara bakal menempati Asrama Haji Musdalifa Waiheru. 

Sementara untuk pemberangkatan kontingen ke Kota Ambon dilakukan secara bertahap. 

"Hari Selasa (15/11/2022) pukul 09.00 WIT sebanyak 33 orang diberangkatkan dengan pesawat foker milik TNI AU. Mayoritas dari mereka adalah atlet karate dan pencak silat," ungkap Rettob. 

Sedangkan untuk atlet dan rombongan kontingen lainnya dilakukan pada Rabu (16/11/2022) pukul 11.30 WIT. Pada tahap ini sebanyak 143 orang diberangkatkan dengan pesawat Lion Air. 

Sementara itu, Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun mengklaim, banyaknya atlet yang dikirim menunjukan semangat  atlet dan pelatih sekaligus komitmen Pemda dan KONI Maluku Tenggara untuk suatu pencapaian prestasi olahraga di Provinsi Maluku. 

"Mereka yang terpilih adalah putera-puteri terbaik yang akan mengharumkan nama daerah, tentunya juga menjadi kebanggaan masyarakat Maluku Tenggara," cetus Thaher. 

Bupati pun berharap dukungan semua pihak untuk perjuangan para  atlet sehingga mereka bisa meraih pencapaian terbaik. 

"Dukungan semua pihak sangat diperlukan untuk pencapaian terbaik atlet kita. Para atlet harus tampil dengan baik. Tidak harus meraih juara umum, namun jika sampai meraih juara umum pada ajang level provinsi ini, kenapa tidak," kata Thaher. 

Rapat di Ambon

Berdasarkan informasi yang dihimpun MARRINnews.com, seluruh atlet hingga pendamping kontingen Maluku Tenggara kini telah berada di Ambon. 

Rombongan terakhir dibawah pimpinan Ketua Umum KONI Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun diketahui meninggalkan Langgur, ibukota kabupaten berjuluk Larvul Ngabal itu pada Rabu (16/11/2022) siang tadi. 

Setibanya di Bandara Pattimura Ambon, kontingen Maluku Tenggara langsung menuju Asrama Haji Musdalifa Waiheru. 

Berselang beberapa waktu kemudian, kontingen Maluku Tenggara menggelar rapat terbatas. Rapat tersebut dipimpin langsung Ketua KONI yang juga adalah Bupati Maluku Tenggara. Rapat diikuti oleh  para pelatih dan official setiap cabor. 

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar