Marrin News

Gus Yani Kembali Nahkodai NU Maluku Tenggara

Ketua NU Maluku Tenggara periode 2021-2026, Ahmad Yani Rahawarin. Sumber foto: Bag. Prokopim Malra. 

Reporter: Ghege Ngamel | Editor: Ghege

Langgur, Marrinnews.com – Hi Ahmad Yani Rahawarin terpilih kembali memimpin Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Maluku Tenggara hingga lima tahun mendatang.

Gus Yani, sapaan akrab Hi Ahmad Yani Rahawarin didaulat sebagai Ketua Tanfiziah PCNU Maluku Tenggara kedua kalinya, setelah menjadi kandidat tunggal dalam Konferensi Cabang (Konfercab) ke 5 yang berlangsung di Ballroom Kimson Centre, Rabu (17/6/2021).

Sidang pleno pemilihan Ketua Tanfiziah PCNU Malra periode 2021-2026 dipimpin Wakil Ketua NU Provinsi Maluku yang juga Caretaker NU Maluku Tenggara, Yusran Salamun. Sidang saat itu berjalan lancar dan tertib.

Demikian disampaikan Ketua Panitia Konfercab NU Malra Ahmad Dahlan Tamher dalam keterangan pers yang diterima Marrinnews.com di Langgur, Senin (21/6/2021).

Dahlan mengungkapkan, diantara seluruh majelis perwakilan cabang yang memiliki hak suara penuh berjumlah 10 dari 11 kecamatan di wilayah Kabupaten Maluku Tenggara.

Dari jumlah suara penuh tersebut kemudian bersepakat mengusung dan menetapkan Hi Ahmad Yani Rahawarin sebagai Ketua NU Maluku Tenggara.

“Gus Yani menjadi calon tunggal dalam momentum Konfercab kali ini sehingga berdasarkan kesepakatan dan rekomendasi seluruh majelis wakil cabang, Gus Yani diberi kepercayaan untuk kembali menjadi Ketua NU Maluku Tenggara,” jelas Dahlan.

Atas dasar tersebut juga, pimpinan sidang Yusran Salamun menetapkan Hi Ahmad Yani Rahawarin sebagai Ketua NU Maluku Tenggara 2021-2026.

Sementara itu, Gus Yani berkomitmen akan melakukan konsolidasi dan memperkuat eksistensi organisasi di tingkat kecamatan, sehingga menjadi penggerak NU Maluku Tenggara ditingkat kecamatan.

Mengutip pesan dari Hadratussyach KH Hasyim Asy’ari “Barang siapa yang mau mengurus NU akan aku anggap sebagai santriku. Siapa yang menjadi santriku akan kudoakan khusnul khatimah beserta anak-cucunya”. “Amin Ya Rabbal Alamin,” tulis Gus Yani dalam siaran pers yang diterima Marrinnews.com.

Sebelumnya, Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun mengatakan, konfercab merupakan agenda 5 tahunan yang menjadi sebuah keharusan. Dimana untuk memilih Ketua NU maka perlu dilakukan sidang pemilihan dan penetapan.

“Dengan adanya ketua NU terpilih ini diharapkan dapat memaksimalkan dan memajukan organisasi. Selain itu, senantiasa melakukan dzikir sebagai upaya penguatan iman dan ihsan masyarakat Muslim di bumi Larut Ngabal,” ujar Thaher saat membuka Konfercab PCNU Maluku Tenggara, Rabu (17/6).

Thaher menandaskan, NU sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia telah menunjukan kiprahnya dalam melawan penjajah di negara ini. Dengan begitu, sudah barang tentu semangat itu  harus tetap dipertahankan seluruh elemen NU.

Kedepankan Protokol Kesehatan

Dahlan mengatakan, konferensi cabang NU Malra yang digelar Rabu (17/6) kemarin, tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Para tamu dan undangan diwajibkan menggunakan masker dan menjaga jarak sesuai tempat duduk yang sudah disiapkan pihak panitia.

“Upaya ini dilakukan demi kebaikan bersama. Tentunya juga bahwa NU Maluku Tenggara senantiasa mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tutur Dahlan.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar