Marrin News

Klasemen POPMAL IV (20/11): Kota Ambon tak Tersentuh, Malra Tambah Medali, Malteng Tembus Tiga Besar

Logo POPMAL IV 2022. Foto: istimewa. 

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com - Kontingen Kota Ambon seolah tak tersentuh oleh para pesaingnya. Hingga hari ketiga, Minggu (20/11/2022) pukul 20.15 WIT Kota Ambon masih memuncaki klasemen Pekan Olahraga Provinsi Maluku (POPMAL) IV 2022 dengan keunggulan medali cukup jauh. 

Tuan rumah nyaman di puncak klasemen dengan mengoleksi 32 medali, terdiri dari 11 emas, 10 perak dan 11 perunggu. 

Kontingen Kota Ambon tercatat unggul 18 medali dari pesaing terdekat, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) yang duduk di peringkat kedua dengan mengantongi 14 medali. Detail medali Maluku Tenggara adalah 5 emas, 4 perak dan 5 perunggu. 

Medali terbaru kontingen berjuluk Bumi Larvul Ngabal itu didapat dari cabang olahraga renang di nomor 3.000 meter open water swimming gaya bebas puteri. Tambahan medali tersebut yakni satu emas, satu perunggu dan satu perak.

Di hari yang sama, cabor karate juga berhasil menyumbang satu medali perak dan satu perunggu untuk Maluku Tenggara.

Kabupaten Malra sejauh ini dibuntuti Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) yang bertengger di posisi ketiga dengan sembilan medali. Koleksi kepingan medali Malteng yakni tiga emas, tiga perak dan tiga perunggu.

Kontingen Maluku Tengah sukses menembus tiga besar usai sukses menambah pundi-pundi medalinya. Maluku Tengah unggul satu medali dari Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), yang kini tergusur ke peringkat keempat klasemen. 

Daftar lengkap perolehan medali POPMAL IV 2022. Foto: Istimewa

Adapun KKT menempel ketat Maluku Tengah dengan mengantongi delapan medali. Medali KKT adalah tiga emas, satu perak dan empat perunggu. 

Satu tingkat dibawah Kepulauan Tanimbar, ada Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) di peringkat kelima dengan mengantongi enam medali diantaranya satu emas, satu perak dan empat perunggu. 

Sama halnya dengan Maluku Tengah, SBB juga mampu menggusur Kabupaten Buru ke posisi keenam yang hanya mampu mendulang dua medali tambahan, hari ini. Kabupaten Buru baru mengantongi lima medali yakni dua perak dan tiga perunggu.

Di hari ketiga POPMAL IV, terpantau tim-tim papan tengah memang beradu sikut posisi klasemen. Tak hanya antara Malteng-KKT maupun SBB-Buru, Kabupaten Buru Selatan juga berhasil menyalib Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD). 

Kontingen Buru Selatan sukses merangkak naik ke peringkat tujuh klasemen setelah mampu menambah satu medali. Dengan tambahan itu, Buru Selatan saat ini sudah mengantongi tiga medali, satu perak dan tiga medali.

Sedangkan MBD harus pasrah turun peringkat ke posisi delapan lantaran tak ada tambahan medali di hari ketiga. MBD masih tetap mengoleksi dua kepingan medali, satu perak dan satu perunggu. 

Sementara itu, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) masih bertahan di peringkat  ke-9 dengan hanya mengantongi dua medali perunggu. 

SBT dan MBD memang sama-sama mengolekasi total dua medali. Namun, MBD unggul dari sisi torehan medali perak.

Ironisnya, Kontingen Kota Tual dan Kabupaten Kepulauan Aru sejauh ini belum dapat menyumbangkan medali untuk daerah masing-masing. 

Kedua daerah itu pun masih bertengger di peringkat ke-10 dan 11, zona akhir papan klasemen POPMAL IV Kota Ambon 2022.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar