Marrin News

Klasemen POPMAL IV (19/11): Ambon Huni Puncak, Malra Konsisten, Tual-Aru Juru Kunci

Salah Satu Atlet Kontingen Maluku Tenggara mengibarkan panji-panji daerah (bendera kuning) pada acara pembukaan POPMAL IV 2022 di Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (17/11/2022). Foto: istimewa.

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com - Puncak klasemen medali Pekan Olahraga Provinsi Maluku (POPMAL) IV 2022 masih dihuni tuan rumah Kota Ambon hingga hari kedua. 

Hingga Sabtu (19/11/2022) pukul 17.30 WIT, Kontingen Kota Ambon sudah mengoleksi total 21 medali. Rincian medali Kota Ambon adalah enam emas, delapan perak dan tujuh perunggu. 

Sementara Maluku Tenggara (Malra) membayangi di peringkat kedua dengan perolehan 10 medali. Kontingen Maluku Tenggara sejauh ini sudah mengantongi empat emas, dua perak dan empat perunggu. 

Kontingen Malra masih konsisten menempati tangga kedua klasemen dengan menambah pundi-pundi medali. Kabupaten berjuluk Bumi Larvul Ngabal itu berhasil menambah dua medali perunggu, hari ini (19/11). 

Kabupaten Maluku Tenggara ditempel ketat oleh Kepulauan Tanimbar yang menghuni peringkat tiga klasemen medali POPMAL 2022. Jumlah medali Kepulauan Tanimbar adalah enam, terdiri dari tiga emas dan tiga perunggu. 

Satu tingkat dibawah Kepulauan Tanimbar, ada Kabupaten Maluku Tengah yang menguntit di peringkat empat. Maluku Tengah sudah mengantongi enam medali diantaranya dua emas, dua perak dan dua perunggu.

Sebenarnya Kepulauan Tanimbar dan Maluku Tengah sama-sama mengemas total enam medali. Tetapi Maluku Tengah kalah dalam perolehan emas. 

Kontingen Buru melengkapi posisi lima besar klasemen dengan mengemas tiga medali. Torehan medali Buru yakni satu perak dan dua perunggu. 

Papan atas klasemen POPMAL IV  memang mengalami perubahan posisi, antara Buru dan Maluku Tengah. Dua kontingen itu berganti posisi. 

Pada hari sebelumnya (18/11) Kabupaten Buru menempati peringkat empat, namun Maluku Tengah mengambil alih posisi tersebut setelah berhasil menambah pundi-pundi medalinya. 

Sementara itu, tim-tim di papan tengah ke bawah juga masih saling berebut posisi. Seperti Seram Bagian Barat yang mengambil tempat Maluku Barat Daya. 

Seram Bagian Barat naik satu tangga ke posisi enam dengan mengantongi satu perak dan dua perunggu. Sebaliknya, Maluku Barat Daya turun ke peringkat tujuh klasemen dengan koleksi satu perak dan satu perunggu. 

Posisi delapan dan sembilan secara berurutan ditempati oleh Buru Selatan dan Seram Bagian Timur (SBT). Dua kontingen tersebut sama-sama mengoleksi dua medali perunggu. 

Peringkat dan perolehan medali Kabupaten Buru Selatan dan SBT masih jauh lebih baik dari dua daerah bagian selatan Maluku lainnya, yakni Kota Tual dan Kepulauan Aru. 

Ya, Kota Tual dan Kepulauan Aru hingga kini bahkan belum mengantongi satu medali pun.

Dengan tidak adanya medali membuat Tual dan Aru harus terbenam di zona merah, juri kunci klasemen POPMAL IV 2022.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar