Marrin News

HKN ke-58: Pemkab Malra Beri Bantuan Tiga Unit Mobil Ambulance dan Alkes

Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr. Katrinje Notanubun menyerahkan bantuan mobil ambulance kepada Rumah Sakit Hati Kudus Langgur. Penyerahan dilakukan usai upacara peringatan HKN ke-58 di Halaman Puskesmas Perawatan Ngilngof, Selasa (15/11/2022). Foto: Rinhard Janwarin, Diskominfo Maluku Tenggara. 

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com - Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara memberikan bantuan tiga unit mobil ambulance kepada Rumah Sakit Hati Kudus Langgur, Rumah Sakit Umum Daerah Karel Sadsuitubun Langgur dan Dinas Kesehatan. 

Tiga unit ambulance tersebut berasal dari dana insentif daerah tahun 2022, yang disediakan pemerintah untuk membantu pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

Adapun bantuan itu telah diserahkan langsung oleh Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun pada momentum upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58, di Halaman Puskesmas Perawatan Ngilngof, Selasa (15/11/2022). 

"Bantuan ini adalah bentuk perhatian pemerintah daerah, terutama untuk sektor swasta sebagaimana amanat menteri kesehatan," jelas Kepala Dinas Kesehatan Malra dr. Katrinje Notabubun kepada wartawan usai upacara peringatan HKN ke 58, Selasa (15/11). 

Sebelumnya, Notanubun menyampaikan bahwa seiring bantuan mobil ambulance baru yang diterima Rumah Sakit Hati Kudus Langgur, maka ambulance terdahulu (mobil bekas) yang pernah diberikan Pemkab Malra ditarik kembali.

"Ambulance lama (bekas) yang dulunya diberikan kepada Rumah Sakit Hati Kudus Langgur akan kami tarik kembali, karena merupakan aset Rumah Sakit Umum Daerah Karel Sadsuitubun Langgur," terang Dokter Ketty, sapaan akrab Kadis Kesehatan Malra. 

Sementara itu, Dinas Kesehatan Maluku Tenggara juga memutasikan dua unit ambulance kepada dua puskesmas, yakni Puskesmas Ngilngof dan Puskesmas Wab. 

"Hal ini juga sudah pernah saya lakukan sebelumnya. Dimana kendaraan yang parkir (sementara tidak digunakan) di dinas kesehatan, saya mutasikan ke puskesmas yang membutuhkan agar pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik," sebut Dokter Ketty.

Dokumentasi penyerahan bantuan alkes dan fasilitas penunjang puskemas lainnya. Foto: Reinhard Janwarin, Diskominfo Maluku Tenggara. 

Dalam kesempatan yang sama, Pemkab Maluku Tenggara juga menyerahkan bantuan berupa alat kesehatan untuk puskemas dan rumah sakit di daerah setempat, sebagai berikut:

  • Alkes untuk RS Karel Sadsuitubun Langgur senilai Rp8.771.946.495. Set pemeriksaan umum senilai Rp295.900.000 untuk Puskesmas Rumaat, Elat, Banda Ely, Weduar dan Puskesmas Hollat. Antropometri untuk 18 puskesmas senilai Rp1.329.300.000

Bantuan alkes tersebut bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2022. Selanjutnya, 

  • Bahan Medis Habis Pakai (BMHP) untuk pengendalian penyakit menular dan tidak menular (P2P). Bantuan bersumber dari DAK 2022, diberikan kepada Dinas Kesehatan dan Puskesmas. 
  • Peralatan elektronik PSC 119 senilai Rp250.000.000. Bantuan ini diberikan kepada PSC 119 Dinas Kesehatan Maluku Tenggara. 
  • Alat sistem telekonsultasi puskesmas dalam bentuk USG dan 1 set perangkat komputer senilai Rp850.768.000. Bantuan diberikan kepada Puskesmas Ohoira, Elat, Rumaat dan Weduar. 
  • Bantuan USG dari hibah Kementerian Kesehatan, diberikan kepada Puskesmas Larat, Watsin dan Puskesmas Debut. 
  • Laptop dan printer untuk Puskesmas Perawatan Ngilngof dan Puskesmas Wab. Bantuan ini bersumber dari APBD Maluku Tenggara tahun 2022 senilai Rp42.000.000.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar