Marrin News

Atlet Renang Malra "Agata Elmas" Pecahkan Rekor Tercepat Popmal

Atlet Renang Maluku Tenggara Agata Elmas. Foto: Istimewa

Penulis | Editor : Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com - Atlet renang putri Maluku Tenggara, Agata Elmas (21) berhasil memecahkan rekor perenang tercepat se-Maluku pada nomor 50 meter gaya bebas.

Catatan waktu Agata Elmas dalam berenang sepanjang 50 meter yaitu selama 34,21 detik. 

Putri kelahiran Desa Evu, Maluku Tenggara itu berhasil memecahkan rekor tersebut pada babak penyisihan renang putri Pekan Olahraga Provinsi Maluku (POPMAL) IV Tahun 2022, di Tirto Sagoro XI Lantamal Halong Kota Ambon, Jumat (18/11/2022). 

Torehan waktu Agata tersebut lebih sedikit dari pemegang rekor Popmal sebelumnya Ima Sirken, yang juga merupakan atlet asal Maluku Tenggara. Catatan waktu Ima sebelumnya yakni 36,02 detik. 

Menariknya, kedua atlet putri itu berasal dari desa yang sama, Desa Evu, Kecamatan Hoat Sorbay. 

Diketahui, Agata Elmas kini sedang menempuh pendidikan Perguruan Tinggi di STIK Stela Maris Makassar. 

Pelatih atlet renang Maluku Tenggara Ana Junus mengaku senang dengan capaian yang diperoleh Agata. Bagi Ana, torehan waktu yang dibuat Agata itu sangat luar biasa. 

"Ia betul, Agata Elmas catat waktu tercepat 34,21 detik pada nomor 50 meter gaya bebas," ungkap Ana saat dihubungi MARINnews.com melalui sambungan telepon seluler, Jumat (18/11) siang. 

Ana lanjut menyebut, dalam kejuaraan Popmal kali ini Agata mengikuti dua nomor yakni nomor 50 dan 100 meter gaya bebas putri. 

Sementara itu, Ana mengungkapkan bahwa Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Maluku Tenggara mengirim 9 atlet renang, mencakup lima putri dan empat putra untuk berlaga di Popmal IV. 

Ke-9 atlet Maluku Tenggara itu telah menempuh babak penyisihan dan berhasil masuk babak final. Untuk babak final sendiri akan dihelat Kamis (18/11/2022) pukul 14.00 WIT. 

Dari hasil penyisihan, Ana menargetkan Maluku Tenggara meraih empat medali emas, termasuk perak dan perunggu di masing-masing nomor yang dipertandingkan. 

"Kalau dilihat dari hasil babak penyisihan tadi, Maluku Tenggara bisa dapat empat medali emas. Insya Allah, mari kita sama-sama berdoa, Maluku Tenggara pasti bisa," kata Ana Optimis. 

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar