Marrin News

Potret Kemeriahan Pembukaan Lomba Dayung Sampan FPMK VI di Malra

Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun bersama rombongan kala diarak memasuki venue pertandingan dayung sampan tradisional FPMK 2022, di Ohoi Wain Beach, Rabu (19/10/2022). Foto: Gerry Ngamel. 

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com - Pembukaan lomba dayung sampan tradisional "Festival Pesona Meti Kei" (FPMK) VI berlangsung meriah dan mengharukan 'maryadat'. Ajang olahraga air ini digelar di kawasan wisata pantai Desa Wain, Kabupaten Maluku Tenggara, pada Rabu (19/10/2022), mulai sekitar pukul 10.11 WIT. 

Adapun acara pembukaan diramaikan dengan irama tipa khas Kei, tarian buaya ala masyarakat adat Wain dan pembacaan puisi dalam bahasa Kei. Ada juga tarian sawat massal. 

Sebelumnya, pemuka adat Desa Wain melakukan ritual adat penyambutan kepada Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun bersama rombongan, di gerbang masuk Desa Wain. Setelahnya, Bupati dan sejumlah pimpinan forkopimda diarak menuju arena lomba dengan menggunakan belang adat oleh sekelompok pemuda berkostum merah.

Sekelompok pemuda menampilkan tarian panah dan tari buaya saat mengarak Bupati Thaher Hanubun dan rombongan menuju arena pertandingan lomba dayung sampan tradisional FPMK 2022. Foto: Galeri MTH. 

Irama drum band, tipa gong dan kolaborasi tari-tarian khas Kei turut mengiringi arak-arakan tersebut. 

Para penari wanita kompak mengenakan busana adat Kei berwarna merah berpadu kain sarung merah bermotif hitam, lengkap dengan selendang kain senada. Sebagian dari warga yang ikut menari, juga terlihat mengenakan anyaman janur kuning sebagai penutup kepala. 

Tampak para penari wanita mengenakan busana adat saat menghantar bupati dan rombongan di Ohoi Wain, Rabu (19/10/2022). Foto: Galeri MTH

Warga, pengunjung hingga peserta terlihat begitu antusias menyambut gelaran lomba dayung sampan tradisional kali kedua dalam rangkaian FPMK di Bumi Larvul Ngabal ini. Hiruk pikuk penonton tampak juga memadati venue pertandingan.

Mereka tak henti-hentinya bersorak memberi semangat kepada setiap tim yang berlaga. Guyuran hujan gerimis siang tadi seolah tak mampu membubarkan penonton yang berbanjar di tepian arena.

Penonton tengah berbanjar di salah satu titik tepian venue untuk menyaksikan lomba dayung sampan di Ohoi Wain Beach, Rabu (19/10/2022). Foto: Galeri MTH. 

Tak luput, Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun yang masih mengenakan setelan dinas lengkap bahkan juga ikut basah kena hantaman air laut dan hujan kala mengendarai jet sky untuk memantau arena laga. 

Ajang dayung sampan tradisional dalam rangka memeriahkan Festival Pesona Meti Kei 2022 ini mempertandingkan 40 tim dari dalam daerah Kabupaten Maluku Tenggara. final round lomba dayung ini sendiri direncanakan berlangsung pada 23 Oktober 2022.

Salah satu tim lomba dayung sampan FPMK 2022 didampingi Bupati Malra melakukan laga eksebisi. Foto: Galeri MTH. 

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar