Marrin News

Dipimpin Danlanal, Ini Momen Peringatan HUT TNI ke-77 di Malra-Kota Tual

Danlanal Tual Kolonel Laut (P) Indra Dharma didampingi Komandan upacara Kapten Kal Uray C. Irfan Basthari mengecek kesiapan personil upacara peringatan HUT TNI ke 77, yang digelar di Apron Lanud Dominicus Dumatubun, Rabu (5/10/2022). Foto: Eko Pujiono, Bag. Humas Lanud D. Dumatubun

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com - Komandan Lanal Tual Kolonel Laut (P) Indra Dharma bertindak sebagai inspektur upacara dalam Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI), yang digelar di Apron Lanud Dominicus Dumatubun, Maluku Tenggara (Malra), Rabu (5/10/2022). 

Sementara Kapten Kal Uray C. Irfan Basthari bertindak sebagai komandan upacara. Kapten Kal Uray merupakan Perwira TNI Angkatan Udara, menjabat sebagai Kepala Dinas Logistik (Kadislog) pada Pangkalan TNI Angkatan Udara  (Lanud) Dominicus Dumatubun. 

Sejumlah pejabat tampak hadir dalam upacara hari ini, antara lain Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun, Wali Kota Tual Adam Rahayaan, Dandim 1503/Tual Letkol Inf Arfa Yudya Prasetya, Danlanud D. Dumatubun Letkol Pnb Ruli Surya. 

Hadir juga Kapolres Tual AKBP Prayudha Widiyatmoko, Kapolres Maluku Tenggara AKBP Frans Duma, Kepala Pengadilan Negeri Tual, Kepala Kejaksaan Negeri Tual serta pejabat TNI/Polri lainnya. 

Upacara peringatan HUT TNI ke-77 di wilayah Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual, yang dipusatkan di Apron Lanud D. Dumatubun berlangsung khidmat. Adapun HUT TNI kali ini bertemakan TNI adalah Kita

Kepercayaan Publik bagi TNI

Pada kesempatan tersebut, Kolonel Laut (P) membacakan amanat Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Jenderal Andika dalam amanatnya mengungkap tingkat penilaian publik terhadap keberadaan dan kinerja TNI. 

Jenderal Andika menyebut berdasarkan hasil beberapa lembaga survey, TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat. 

Diantaranya hasil survei Lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) tanggal 24 Juni 2022, TNI mendapatkan kepercayaan tertinggi dari publik sebesar 93,2%. 

Sedangkan hasil survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) tanggal 31 Agustus 2022, TNI mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat paling tinggi sebesar 93 persen. 

Demikian juga hasil Lembaga Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) tanggal 27 September 2022 merilis hasil survei dukungan dan kepuasan Kinerja TNI terhadap Demokrasi, sebesar 93,5 persen.

"Oleh karenanya, saya menghimbau kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat tersebut, dengan bertindak dan berucap sesuai dengan Tugas Pokok TNI," tegas Jenderal Andika. 

Satuan Brimob Beri Kado Kue

Setelah upacara peringatan HUT TNI ke-77 di Apron Lanud D. Dumatubun, para personil Batalyon C Pelopor Satuan Brimob Maluku mendatangi pimpinan TNI di Maluku Tenggara dan Kota Tual. 

Mereka memberikan kado kue ulang tahun, masing-masing kepada Danlanal Tual, Dandim 1503/Tual dan Danlanud D.Dumatubun mewakili segenap Parjurit TNI. Hal itu dilakukan sebagai bentuk kebersamaan Polri untuk memperingati HUT TNI. 

Para Brimob pun mengucapkan selamat dan apresiasi mereka kepada segenap Prajurit TNI sembari berjabat tangan. 

"Selamat ulang tahun TNI," ucap para Brimob yang menghantar kado. 

"Terima kasih ya," jawab ketiga pimpinan TNI ketika menerima kado itu. 

Bersih Pantai hingga Donor Darah

Menyambut HUT TNI ke-77, Satuan TNI bekerjasama dengan Polri di wilayah Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual telah melaksanakan sejumlah kegiatan bakti sosial.

Komandan Lanal Tual Kolonel Laut (P) Indra Dharma mengatakan, adapun bakti sosial tersebut diantaranya pembersihan pantai dan tempat ibadah, donor darah, doa bersama dan ziarah ke makam pahlawan. 

"Kegiatan-kegiatan ini sebagaimana arahan dari pimpinan atas dalam rangka menyambut HUT TNI ke 77. Dan hari ini (Rabu 5/10/2022) kita laksanakan upacara peringatannya," ujar Indra kepada wartawan usai upacara. 

Danlanal lanjut menyebut kembali amanat Panglima TNI tentang tingkat kepercayaan publik terhadap TNI. Bagi dia, amanah yang disampaikan Panglima  tersebut lantas menjadi sebuah tugas berat bagi seluruh elemen TNI. 

Walau begitu, ia tegaskan, amanah itu akan dijalankan sesuai undang-undang dan harapan masyarakat, sehingga TNI tetap menjadi garda terdepan dan benteng terakhir NKRI

"Sebagai Prajurit TNI, kita harus tetap melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya serta dapat terus meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan tugas tersebut. Sehingga akhirnya dapat menjalankan tugas TNI secara umum sebagai alat pertahanan di Indonesia," pungkas Kolonel Indra. 

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar