Marrin News

Warga Tual Antusias Sambut Kontingen Pesparani IV Maluku, Renuat: Kami Siap Melayani

Kiri-kanan. Kiri-Ketua Umum Panitia Pesparani IV Maluku di Kota Tual Ahmad Yani Renuat memberikan keterangan kepada awak media usai prosesi penyambutan. Kanan-Suasana penyambutan peserta dari lima kontingen perwakilan kabupaten/kota di Pelabuhan Yos Sudarso Tual, Selasa (20/9/2022). Foto: Gerry Ngamel. 

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

TUAL, MARRINnews.com - Sebanyak lima kontingen pada perhelatan Pesta paduan suara gerejani (Pesparani) ke-4 Maluku, kini telah berada di Kota Tual. Lima kontingen tersebut tiba sekitar pukul 21.15 WIT di Pelabuhan Yos Sudarso Tual, dengan menumpangi KM Tidar, Selasa (20/9/2022).

Kelima kontingen yang telah tiba yakni kontingen dari Kabupaten Buru, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Buru Selatan, Kota Ambon, dan Kontingen Kabupaten Maluku Tengah.

Kehadiran para peserta yang mewakili lima kabupaten ini mendapat sambutan hangat dari Pemerintah daerah dan masyarakat Bumi Maren, Kota Tual, baik Kristen maupun muslim. Tak luput tokoh adat, Raja Dullah dan Raja Ohoitahit juga hadir memberikan penyambutannya secara adat.

Pantauan MARRINnews, masyarakat tampak sudah memadati dermaga Yos Sudarso Tual sejak pukul 20.00 WIT. Mereka sangat antusias untuk memberikan sambutan terbaik bagi setiap peserta Pesparani ke-4 Maluku yang hadir di Kota Tual.

Iring-iringan kesenian khas Kei bergema mengiringi hentakan kaki peserta saat menuruni tangga kapal. Rombongan kontingen juga disuguhi tarian khas Kei.


Saat berada di atas dermaga, kontingen disambut oleh Ketua Umum Panitia Pesparani IV Maluku Ahmad Yani Renuat. Ia didampingi Pastor Paroki Tual RD Jack Renyaan. Dua tokoh itu, bergantian mengalungi syal kepada ketua rombongan perwakilan kontingen.

"Atas nama Pemerintah daerah dan warga Kota Tual, kami sampaikan terima kasih atas kehadiran seluruh rombongan kontingen yang hadir malam ini. Kami menyambut dengan penuh cinta damai, cinta kasih dan kasih sayang. Selamat datang di Bumi Maren, Kota Tual," ucap Yani kepada rombongan kontingen.

Sekretaris Daerah Kota Tual itu pun berharap warga dapat memberikan pelayanan maksimal dan terbaik bagi setiap peserta Pesparani. Pelayanan terbaik, lanjut kata Yani, harus diwujudnyatakan sebagaimana identitas Kota Tual sebagai kota toleransi.

"Sebagai kota toleransi terbaik di Indonesia, tentunya tidak hanya dinyatakan dengan acara-acara formalitas belaka. Tetapi kita harus dapat wujudnyatakan dalam interaksi antar individu dalam  kontingen yang ada," tegas Yani.

Sekda pun berharap agar peserta Pesparani ke-4 Maluku dapat berkoordinasi baik dengan pihak panitia penyelenggara selama event berlangsung.

"Sudah ada kontak person yang kami bagikan kepada setiap kontingen. Kalau ada kekurangan dalam pelayanan selama perhelatan Pesparani di Kota Tual, tolong disampaikan secara terbuka, kami siap untuk melayani semuanya," pungkas Yani.

Sebagai informasi, adapun jumlah peserta dari Kontingen Buru sebanyak 31 orang, Kontingen Buru Selatan 70 orang, Kota Ambon 109 orang, Seram Bagian Barat 65 orang dan Kontingen Maluku Tengah sebanyak 72 orang.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar