Marrin News

Wabup Petrus Akui Kontribusi Pemuda Katolik dalam Kemajuan Pembangunan Malra

Wakil Bupati Maluku Tenggara Petrus Beruatwarin menyalami para pengurus Pemuda Katolik Komcab Malra yang baru dilantik. Foto: Istimewa. 

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com - Wakil Bupati Maluku Tenggara, Petrus Beruatwarin mengakui keberadaan dan kontribusi Pemuda Katolik dalam pembangunan daerah, khususnya di Kabupaten Maluku Tenggara. Petrus bahkan menyebut wujud dibalik kontribusi tersebut.

Hal itu disampaikan Wabup Petrus Beruatwarin saat memberikan sambutannya pada acara Pelantikan dan Rapat Kerja Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Malra Periode 2022-2025, Sabtu (17/9/2022) di Ballroom Hotel Kimson.

"Kontribusi Pemuda Katolik bagi pembangunan daerah ini sudah tidak diragukan lagi," ungkap Wabup Petrus.

Menurut Petrus, salah satu bukti kontribusi Pemuda Katolik adalah melahirkan Bupati Maluku Tenggara dua periode, Anderias Rentanubun.

Anderias Rentanubun diketahui menjabat Bupati Maluku Tenggara selama dua periode. Periode pertama pada 2008-2013, dan periode kedua pada 2013-2018. Ia bersanding dengan Wakil Bupati Yunus Serang. Sementara Petrus Beruatwarin menempati kursi Sekretaris Daerah.

Petrus pun mengklaim, era kepemimpinan Anderias-Yunus telah banyak membawa perubahan terhadap pembangunan Kabupaten Maluku Tenggara.

Ia lantas berharap melalui Pelantikan dan Rapat Kerja Pemuda Katolik Komcab Malra, dapat menghasilkan keputusan strategis yang berguna untuk pembangunan.

Wabup juga menginginkan agar Pemuda Katolik tetap menjadi mitra pemerintah daerah dalam membangun Maluku Tenggara ke arah yang lebih baik.

Wabup lebih lanjut menyinggung keberpihakan pemerintah daerah saat ini untuk pembangunan infrastruktur di wilayah Kei Besar.

Seiring itu, dia berharap agar hal itu dapat dipahami sebagai langkah strategis pemerintah dalam upaya mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Maluku Tenggara.

"Saya melihat Pemuda Katolik sebagai kelompok individu yang cerdas, dan tidak membenamkan diri dalam kepentingan dan politik identitas. Ini terbukti dengan relasi yang sangat baik dengan kader-kader OKP lainnya," imbuhnya.

Selain itu, Wabup juga mengungkap momen pertemuan Bupati Muhammad Thaher Hanubun dengan Presiden Jokowi di Resto Forganza, baru-baru ini dalam kunjungan kerja Presiden di Kabupaten Maluku Tenggara.

Menurut Wabup bahwa dalam perbincangan tertutup di Resto Forganza, Bupati Thaher telah menyampaikan aspirasi pembangunan daerah Maluku Tenggara secara langsung kepada Presiden Jokowi.

"Termasuk bagaimana upaya memaksimalkan potensi daerah khusus sektor pariwisata dan perikanan. Juga bagaimana mempercepat infrastruktur jalan di Kei Besar, yang direspon secara baik oleh Bapak Presiden," ungkap Petrus.

Seiring itu pula, Wabup mengajak seluruh elemen masyarakat di Bumi Larvul Ngabal untuk menanggalkan muatan perbedaan, dan bersatu padu membangun Maluku Tenggara.

"Mari kita tinggalkan perbedaan-perbedaan. Satukan hati untuk membangun Maluku Tenggara dengan cara kita masing-masing,” ujar dia.

“Pemkab Malra tidak alergi terhadap kritikan. Namun, baiknya kritikan itu disampaikan lewat kanal-kanal yang elegan dan menggunakan bahasa yang santun dan bijak," pungkas Wabup.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar