Marrin News

Kunjungan Jokowi di Malra Diharap Dorong Akselerasi Pembangunan Kei Besar

Sumber foto: istimewa

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com – Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan mengunjungi Maluku Tenggara, pada Rabu (14/9/2022). Kehadiran orang nomor satu Indonesia nanti di Bumi Larvul Ngabal, Maluku Tenggara pun diharapkan dapat mendorong akselerasi pembangunan di Wilayah Pulau Kei Besar.

Pulau Kei Besar merupakan wilayah administratif Kabupaten Maluku Tenggara. Di Pulau ini terdapat lima kecamatan, yakni Kecamatan Kei Besar, Kei Besar Selatan, Kei Besar Selatan Barat, Kei Besar Utara Timur dan Kecamatan Kei Besar Tengah.

Pulau Kei Besar telah ditetapkan sebagai wilayah perbatasan NKRI berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 6 tahun 2017 dan Peraturan Presiden RI Nomor 18 tahun 2020. Seiring itu, Kei Besar juga ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Prioritas dalam RPJMN 2020-2024.

Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun menyebut, Kabupaten Maluku Tenggara merupakan kabupaten induk (sebelum pemekaran) yang tersisihkan. Di balik itu, sejak 2018 hingga kini 2022, Maluku Tenggara masih terus berbenah meski tertatih-tatih.

Bupati pun bilang, andaikan nanti ia diberikan kesempatan berbicara dengan Presiden Jokowi, dirinya bakal membahas keberlanjutan pembangunan di Maluku Tenggara, khususnya mayor project kawasan starategis prioritas di Pulau Kei Besar.

“Dengan sentuhan hati Bapak Presiden, mudah-mudahan bisa melihat kembali keberadaan Maluku Tenggara secara umum, dan Kei Besar secara khusus yang sudah masuk dalam major project RPJMN 2020-2024,” ujar Thahar kepada wartawan di Langgur, Senin (12/9/2022).

“Masih ada infrastuktur berupa jalan, jembatan, listrik dan sarana lainnya termasuk perekonomian masyarakat harus segera diselesaikan untuk kehidupan di masa mendatang. Semoga dengan kunjungan Presiden nanti bisa ditindaklanjuti,” kata Bupati menambahkan.

Ia menekankan, Maluku Tenggara juga merupakan salah satu tempat sentral perjuangan negara mempertahankan Irian Barat sebagai satu wilayah kesatuan NKRI.

“Sehingga wajar kiranya Maluku Tenggara harus diperhatikan. Setetas saja (perhatian) tidak usah banyak-banyak. Maluku Tenggara tidak punya apa-apa, mudah-mudahan melalui Bapak Presiden, bisa dikucurkan sedikit untuk keberlanjutan pembangunan daerah ini (Maluku Tenggara) kedepan lebih baik lagi,” cetus Bupati.

Anugerah yang Patut Disyukuri

Bupati Thaher Hanubun menilai, kunjungan Presiden Jokowi pada Rabu besok di Maluku Tenggara sebagai suatu anugerah, yang akan tercatat dalam lembaran sejarah perjalanan Presiden, dari masa ke masa.

“Kita patut bersyukur dan berterima kasih karena daerah kita juga tercatat sebagai daerah yang dikunjungi Presiden Republik Indonesia. Ini berkah luar biasa bagi daerah dan masyarakat Maluku Tenggara,” ujar Thaher.

Bupati menambahkan, dalam agenda kunjungan nanti, Presiden Jokowi tentu akan melihat ketertinggalan pembangunan di Kabupaten Maluku Tenggara.

“Kita semua pasti mengenal sosok sederhana dalam diri Presiden Jokowi, sehingga memang Pak Presiden pasti akan melihat hal-hal terkait yang mungkin bisa dibijakinya,” pungkas Bupati Thaher.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar