Marrin News

Buka Kejurda Balap Motor di Malra, Bupati Janjikan Bonus Liburan Hingga Uang Tunai Rp25 Juta

Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun membuka kejuaraan balap motor Maluku seri pertama, di sirkuit non permanen Kolser, Desa Kolser, Maluku Tenggara, Sabtu (17/9/2022). Foto: Ichat, Bag. Prokopim Maluku Tenggara. 

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com - Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun, secara resmi membuka Kejuaraan Daerah Balap Motor Maluku Seri Pertama, Sabtu (17/9/2022) pagi.

Turnamen balap motor Maluku akan berlangsung dalam 3 seri atau putaran, di tiga tempat berbeda. Kabupaten Maluku Tenggara sendiri dipercayakan sebagai tuan rumah sekaligus penyelenggara seri pertama.

Adapun kejuaraan series pertama tersebut dilaksanakan di sirkuit non permanen Kolser, Desa Kolser, Maluku Tenggara selama dua hari, mulai 17-18 September 2022.

Bupati Thaher selaku Ketua KONI Maluku Tenggara menjadi sosok yang membuka secara resmi ajang tersebut. Ia didampingi Ketua IMI Malra Yohanes Bosok Rahawarin,  Dandim 1503/Tual dan Kapolres Maluku Tenggara.

"Semua elemen harus memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan olahraga seperti ini (balap motor), termasuk OPD. Karena sangat membantu Pemerintah daerah dalam menyalurkan minat dan bakat para pembalap. Ini sesuatu yang luar biasa," kata Bupati Thaher dalam sambutannya, sesaat sebelum membuka kejurda balap motor Maluku di Maluku Tenggara.

Di Maluku Tenggara belum ada sirkuit balapan permanen. Seiring itu, Bupati bilang, Pemerintah daerah bakal membantu pembangunan sebuah sirkuit, didahului dengan lintasan balap. Meski demikian juga, bupati jelaskan, kendala utama dalam hal ini yakni soal lahan.

"Saya coba untuk mencari lahan dulu. Kalau bangun ini (lintasan balap) gampang, cuman lahannya," ujar Thaher.

"Kalau bangun yang permanen seperti di tempat lain itu mahal (pembiayaan). Tapi kalau cuman sekedar untuk lintasan, seng (tidak) terlalu susah, yang penting ada kemauan. Ada kemauan, pasti bisa," imbuhnya.

Terkait ajang ini, Bupati menginginkan para pembalap dapat menunjukan kemampuan terbaik. Termasuk pula menjunjung tinggi sportivitas.

Orang nomor satu Maluku Tenggara menjanjikan bonus hadiah kepada atlet terbaik dalam kejurda balap motor Maluku seri I. Bonus hadiah yang bakal diberikan Bupati Thaher yakni tiket liburan, pulang pergi.

"Kalau ada yang terbaik (atlet), hadiahnya dari saya. Liburan pulang pergi Bali atau kalau mau diuangkan, juga boleh, itu akan menjadi tanggung jawab saya secara pribadi," sebut dia. 

Tidak sekadar bonus liburan, Bupati juga bakal memberi uang tunai sebesar Rp25 juta.

"Saya tambahkan hadiah. Hadiahnya Rp25 juta, pribadi dari saya," ungkap Thaher.

Kejuaraan daerah balap motor Maluku seri pertama mempertandingkan tiga kategori kelas. Diantaranya kategori kejurda; mencakup kelas bebek 150cc 4T Tune up exe, bebek standar 150cc 4T Tune up modif, bebek 120cc 4T standar oki.

Kemudian, kategori lokal Maluku; mencakup kelas sport standar 150cc 2T, sport standar 150 cc 2T owner RX series, bebek standar 125cc 2T, 4 matic tune up 130cc,  matic 130cc

Terakhir, kategori moden; mencakup kelas bebek 130cc 4T Tune up, sport standar 140T tune up, matic standar 150cc, sport standar 120cc 2T, standar bebek 118cc dan 2T standar.

“Kelas yang dilombakan diikuti oleh tim pembalap dari Ambon, Makassar, NTB, Kota Tual dan Maluku Tenggara. Namun, dalam seri pertama ini ada tim dari Ambon tidak bisa ikut karena terkendala transportasi,” sebut Eki Ruban, panitia pelaksana dalam laporannya.

Sementara itu, Ketua IMI Maluku Tenggara, Yohanes Bosko Rahawarin menyatakan, pihaknya telah berupaya keras mempersiapkan ajang ini dalam waktu singkat dan keterbatasan ekonomi.

“Mohon maaf bila ada kekurangan. Tapi kita bersyukur karena Pak Bupati selalu mendukung. Kegiatan ini dibantu oleh KONI Maluku Tenggara, juga secara pribadi dari Pak Bupati,” kata Boscho.

Menurut Boscho, ajang balap motor di Maluku Tenggara sudah dilaksanakan sebanyak tiga kali.

“Selama saya menjabat Ketua IMI Malra, ini event ketiga. Tahun kemarin hendak diselenggarakan tapi terkendala pandemi Covid-19. Selama 3 kali ini juga, kita (IMI Malra) mendapat dukungan dari Bupati (Thaher Hanubun,” tandas Wakil Ketua DPRD Malra itu.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar