Marrin News

Pesan Tertulis ‘Putra Kei' untuk Presiden Jokowi: Sisihkan Waktu Sehari Saja Untuk Kei!

Potret Presiden Joko Widodo (kanan) berlatar monumen identitas Kepulauan Kei. Penulis pesan, El Costantinus (kiri). Sumber foto: istimewa

Reporter | Editor : Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com – Seorang pensiunan guru SMA Negeri di Kota Manado, El Costantinus  mengirimkan sebuah pesan tertulis untuk Presiden Indonesia Joko Widodo.

Pesan tertulis ini merupakan bentuk penghargaan, sekaligus keprihatinan Costantinus atas keberpihakan Presiden Jokowi dalam menata pembangunan di wilayah timur selatan Indonesia, tepatnya di wilayah Kepulauan Kei, Maluku.

Costantinus melalui pesan itu juga menyampaikan kondisi potensial Kepulauan Kei di sektor pariwisata. Tak luput, dia menyiratkan seuntai asa dibalik harapan, meminta Presiden Jokowi untuk sehari saja bisa menginjakan kaki di Bumi Raja-Raja, Kepulauan Kei.

El Costantinus adalah Putra asli Kepulauan Kei. Ia lahir di sebuah desa di wilayah Timur Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara. Kini, dia bermukim tetap di Kota Manado, Sulawesi Utara usai mengabadikan dirinya sebagai guru di SMA Negeri 1 Manado.

Walau tinggal diluar daerah, kepeduliannya terhadap pembangunan di Negeri Kepulauan Kei tetap dikedepankan. Costantinus sangat intens mengikuti dan mencermati perkembangan pembangunan di Maluku Tenggara, khususnya di bidang pendidikan dan pariwisata dengan memanfaatkan media sosial.

Dikatakan El, pesan tertulis tersebut telah dia sampaikan kepada Presiden Jokowi via messenger, sejak 2019 lalu. Kendati demikian, pesan itu hingga kini belum ditanggapi atau pun dibalas sang Presiden.

“Sebenarnya tulisan ini saya kirim di wall messenger Pak Joko Widodo setelah menonton event Wonderful Sail 2 yang start dari Debut, pada Juli 2019. Juga, setelah bertukar pikiran dengan Lois Tangel, Putri Pariwisata Indonesia 2016 yang hadir pada Festival Pesona Meti Kei 2016,” ungkap El dalam pesan singkat WhatsApp yang diterima Wartawan MARRINnews, Kamis (25/8/2022) malam.

Berikut isi pesan tertulis El Costantinus untuk Presiden Jokowi:

Bapak Presiden Jokowi yang saya muliakan. Perkenankan saya memperkenalkan diri. Saya El Costantinus, seorang pensiunan guru SMA Negeri di Manado.

Betapa bangga dan bahagianya saya karena orientasi bapak dalam membangun negeri ini sudah bergeser secara signifikan dari Jawasentris menjadi Indonesiasentris dan bahkan mulai dari daerah-daerah terluar atau pinggiran Indonesia.

Namun ada hal yang saya cermati yang masih mengganjal pikiran saya yaitu realitas pembangunan yang masih berat ke Indonesia bagian Barat.

Dalam kaitan dengan pembangunan pariwisata dengan destinasinya dan kawasan ekonominya, izinkan saya untuk menyampaikan secara tulus kepada Bapak Presiden Jokowi bahwa Maluku, khususnya Kepulauan Kei, Kei Islands merupakan the real hidden Paradise dengan kecantikan dan keindahan alamnya yang menakjubkan.

Tidaklah mengherankan kalau tahun 2016 Kepulauan Kei dianugerahkan gelar "The most Popular Hidden Paradise".

Putri Pariwisata 2016, Lois Tangel memberikan testimoni bahwa dia sudah mengunjungi banyak sekali destinasi wisata di Indonesia tetapi menurutnya the most beautiful one is Kei Islands. Nomor dua menurutnya Labuhan Bajo.

Testimoni lain dari Mark, seorang yachter dari Swedia yang baru saja mengikuti Wonderful Sail 2 tanggal 22 s.d. 27 Juli 2019. Kei merupakan entry port pertama.

Beliau memberikan testimoni bahwa ia sudah melayari ribuan mil dan sudah singgahi ratusan negara tetapi yang ia alami di Kepulauan Kei luar biasa, keramahtamahan masyarakatnya keunikan budaya dan sejarahnya, kecantikan alamnya luar biasa.

Andaikan Bapak Presiden menyisihkan waktu barang sehari saja untuk berkunjung kesana, saya yakin Bapak Presiden akan sependapat dengan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo yang menghadiri Festival Pesona Meti Kei 2016 yang mengatakan bahwa Kepulauan Kei benar-benar sekeping surga yang jatuh di Timur Indonesia.

Selamat Datang di Tanah Kei yang terkenal dengan Hukum Adatnya Larvul Ngabal. Terima kasih untuk waktu Bapak Joko Widodo, Presiden kami yang sedang membawa "New Hope" untuk negeri tercinta.

Mohon maaf Bapak Presiden kalau ada kata atau ungkapan yang tidak berkenan. Kiranya Tuhan Yang Maha Esa senantiasa menganugerahkan kesehatan yang tetap, kebijaksanaan yang mumpuni dan kesabaran dalam memimpin bangsa dan negara ini menuju masyarakat yang adil dan makmur. Sekali lagi terima kasih.

El Costantinus, pensiunan guru, Putra Asli Kei.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar