Marrin News

Pembangunan Jembatan Darurat Reyamru Kei Besar Rampung

Pembangunan jembatan darurat Reyamru yang sudah rampung. Sumber foto: Dinas PUPR Malra

Reporter : Redaksi

LANGGUR, MARRINnews.com - Pembangunan Jembatan darurat Reyamru di Kecamatan Kei Besar Kabupaten Maluku Tenggara oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Maluku, sudah rampung.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas PUTR Kabupaten Maluku Tenggara Herling Priartha kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (30/8/2022).

"Sudah selesai sekitar satu minggu yang lalu. Masyarakat sudah bisa beraktivitas. Masalah konektivitas, akses pendidikan, kesehatan, ekonomi, sudah bisa terlayani," kata Herling, dilansir SuaraDamai.com.

Ia menceritakan, awalnya ada dua opsi pembangunan jembatan darurat tersebut, yaitu menggunakan rangka baja atau batang kelapa. Pihaknya kemudian memilih menggunakan rangka baja yang dipinjam dari Dinas PUPR Maluku.

Pilihan itu diambil untuk menjawab mobilisasi alat berat dan material pembangunan jalan ruas jalan Hollat-Banda Ely yang akan dikerjakan dalam waktu dekat. Proyek pembangunan jalan sepanjang 13 km di Kecamatan Kei Besar Utara Timur itu saat ini dalam proses tender.

"Kalau pakai rangka baja bailey, lebih aman dari sisi teknis maupun mampu menanggung berat bobot (kendaraan) yang lewat," jelas Herling.

Herling menambahkan, pihaknya juga sementara membuat perencanaan pembangunan Jembatan Reyamru yang permanen.

"Katong (Dinas PUTR Malra) sementara susun perencanaannya, untuk diusul di 2023 lewat DAK Fisik di Dinas PUPR Provinsi Maluku. Jadi anggaran perencanaan di katong, sementara pembangunannya di Dinas PUPR Maluku," jelas Herling.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar