Marrin News

Dinkes Tual Gencar Laksanakan Program BIAN

Foto: istimewa

Penulis| Editor: Redaksi

TUAL, MARRINnews.com – Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022 yang sudah dimulai sejak bulan Mei lalu di Kota Tual, hingga kini masih terus berjalan. Kini, Dinas Kesehatan setempat menyasar sekolah-sekolah, baik PAUD, TK, maupun SD.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Tual Maswati Rumra menjelaskan, sesungguhnya BIAN adalah imunisasi rutin yang sudah berjalan setiap tahunnya, namun sempat terhenti akibat wabah Covid-19.

Seiring itu, Rumra katakan bahwa pihaknya kini mulai kembali gencar dan fokus menjalankan progam BIAN tersebut.

Sebab, menurut Rumra bahwa sesuai data ditemukan banyak anak usia sekolah PAUD, TK, dan SD di Indonesia, termasuk Kota Tual, tercatat belum mengikuti imunisasi rutin ini.

Rumra menyebut salah satu kendala melaksanakan program BIAN ini adalah orangtua belum mengizinkan anaknya untuk diimunisasi. Menurut mereka, imunisasi ini sama dengan vaksinasi Covid-19. Sehingga banyak orang tua belum rela.

Kabar baiknya, bagi orangtua yang tahu atau diberi tahu lewat sosialisasi-sosialisasi, langsung mengikutsertakan anaknya dalam program tersebut.

“Sesungguhnya kalau kesadaran, semua orang tua mempunyai kesadaran untuk imunisasi itu ada. Cuma karena kebetulan saja ada Covid juga, sehingga mungkin pemahaman orang tua bahwa jangan sampai ini diberikan vaksin Covid, sehingga mereka masih ragu, masih trauma. Setelah kami memberikan sosialisasi, ternyata orang tua baru sadar dan menyetujui, bahkan menyerahkan anak-anaknya untuk segera diimunisasi,” ungkap Rumra kepada wartawan di Tual, baru-baru ini.

Rumra sangat mengharapkan peran serta dukungan dari semua pihak, terutama para orangtua. Sebab pemberian imunisasi pada anak terbukti dapat memberikan perlindungan dari berbagai penyakit, seperti difteri, tetanus, campak, rubella, dan polio.

“Selain itu, anak dengan status imunisasi dasar lengkap terbukti akan lebih sehat dan produktif,” tandas Rumra.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar