Marrin News

Besok Yail Vat Morlean Festival 2022 Dimulai, Pokdarwis Soinrat Antusias Sajikan Konsep Budaya Lokal

Sumber foto: Pokdrwis Desa Wisata Soinrat

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com – Festival kebudayaan ‘Yail Vat Morlean' di Desa Wisata Soinrat, Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku dipastikan akan dimulai besok Selasa (30/8/2022) hingga Rabu (31/8/2022).

Ketua Pokdarwis Desa Wisata Soinrat, Agrapina Sangur mengatakan, semua persiapan sudah dilakukan dengan baik dan bakal menyajikan konsep budaya lokal nan spektakuler bagi pegunjung.

“Kita sangat antusias, pastinya sudah ready buat event besok,” kata Phina kepada Wartawan MARRINnews melalui pesan audio singkat via whatsapp, Senin (29/8/2022).

Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun bersama Ketua PKK Eva Elliya Hanubun direncanakan hadir dalam event kebudayaan perdana di Pulau Kei Besar tersebut.

“Mengingat ini moment ritual adat sehingga tidak ada seremoni pembukaan secara resmi. Tetapi untuk grand opening 'Soinrat Souvenir Shop' akan dilakukan pengguntingan pita oleh Ibu Eva dan Pak Bupati, jika beliau (Bupati) hadir,” sebut Phina.

Yail Vat Morlean Festival 2022 ini akan digelar secara terbuka selama dua hari. Festival dibuka Selasa (30/8) pukul 14.00 WIT, diawali dengan grand opening ‘Soinrat Souvenir Shop’. Dilanjutkan dengan sajian prosesi ritual adat Yail Vat Morlean hingga sekitar pukul 18.00 WIT.

Kemudian di hari kedua, dilakukan serimoni peringatan hari ulang tahun Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) ke-2 Desa Wisata Soinrat. Di hari yang sama pula, pengunjung bakal dihantar berkeliling menikmati sejumlah destinasi wisata di desa tersebut.

Yail Vat Morlean Festival 2022 mengusung tema ‘Bangun Pariwisata, Jaga Tradisi Leluhur'. Melalui event ini diharapkan dapat memperkenalkan dan melestarikan adat istiadat, serta mendorong pertumbuhan pariwisata budaya di Desa Wisata Soinrat.

Perhelatan festival ini juga bertepatan dengan tahun kedua Pokdarwis Desa Wisata Soinrat didirikan.

Phina bilang, Yail Vat Morlean adalah ritual perarakan perempuan luar desa atau daerah Kepulauan Kei yang menikah dengan pria Soinrat.

Dalam upacara adat ini, si perempuan diperkenalkan kepada kampung atau desa termasuk insan leluhur, sekaligus mengenalkan kampung kepada si perempuan.

“Ritual ini memiliki potensi kearifan budaya, sarat makna dan nilai-nilai adat. Kami akan mengemasnya secara apik sebagai destinasi wisata budaya yang menarik, tanpa meniadakan kekhasannya,” cetus Phina.

Yail Vat Morlean Festival 2022 menyediakan akomodasi homestay atau penginapan dan konsumsi selama event berlangsung. Sementara untuk biaya transportasi ditanggung sendiri oleh pengunjung. 

"Untuk homestay, kami sediakan gratis untuk setiap pengunjung. Begitu juga dengan konsumsi," imbuh Phina. 

Sebagai informasi, perjalanan menuju Desa Wisata Soinrat dari ibukota Kabupaten Maluku Tenggara dapat menggunakan kapal cepat di Pelabuhan Watdek, dengan biaya Rp60 ribu per orang.

Setelah tiba di pelabuhan Elat, gunakan lah jasa ojek sepeda motor, biaya Rp15 ribu per orang. Informasi lebih lanjut, hubungi panitia pelaksana melalui contact person 0852-9820-8273.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar