Marrin News

Yachter Dunia Kagumi Budaya "Temu-Sambut" Wisman di Maluku Tenggara

Suguhan Tari Lenso menyambut Yachter, peserta International Yacht Rally 2022 di Kabupaten Maluku Tenggara, Sabtu (16/7/2022). Tampak sejumlah Yachter turut menari bersama. Sumber foto: Richard-Kominfo Malra. 

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com – Yachter dari berbagai negara mendapat sambutan hangat dari Pemerintah daerah dan masyarakat Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara (Maluku), Maluku saat bersandar di Dermaga Navigasi dan KPLP Kelas II Tual, Teluk Dom pada Sabtu (16/7/2022) kemarin.

Ada 30 kapal yacht peserta International Yacht Rally 2022, 26 kapal diantaranya telah berlabuh di perairan Teluk Dom.  Sementara lainnya, masih dalam perjalanan.

Kedatangan para yachter diiringi kesenian tipa gong khas Kei, siulan dan tepuk tangan masyarakat. Mereka disambut juga dengan tarian tradisional Saryat.

Sesudahnya sekitar 60 yachter diarak menuju pusat lokasi acara penyambutan di Ohoi Danar, Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan. Di Ohoi Danar, yachter disuguhi upacara adat oleh Rat atau Raja Famur Danar.

Peserta juga diberi welcome siraman berupa percikan air kelapa muda oleh tetuah adat. Percikan air kelapa muda ini merupakan ritual adat pembersihan sekaligus penerimaan tamu dari luar daerah.

Yachter yang kebanyakan berasal dari Australia, Belanda, Inggris, Selandia Baru dan Jerman ini kemudian dihibur dengan pertunjukan Tari Ular, Cakalele, Tari Lenso, Tari Gaba-Gaba hingga Kesenian Ukulele.

Tari-tarian seperti Tari Ular, Cakalele dan Tari Lenso sering dipentaskan saat upacara-upacara penting lainnya, termasuk penjemputan tamu-tamu penting.

Suasana makin seru ketika peserta Yacht Rally-Wonderful Sail to Indonesia 2022 ikut menari Tari Lenso. Para wisatawan mancanegara kelas atas itu pun antusias menjalani serangkaian aktivitas tradisional dan menikmati sajian kuliner khas Kei oleh Bupati M. Thaher Hanubun.

Ritual pemercikan air kelapa muda terhadap Yachter oleh tetua adat setempat. 

Bupati Maluku Tenggara, Muhammad Thaher Hanubun mengatakan, sambutan terhadap para yachter ini merupakan bentuk atensi pemerintah daerah dan masyarakat Maluku Tenggara dalam menyambut turis asing dan kegiatan pariwisata di Kepulauan Kei.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati mempromosikan destinasi wisata di Maluku Tenggara. Ia pun berharap kelak Yachter bisa kembali dalam jumlah yang lebih banyak dan menjelajahi seentero destinasi wisata, baik di Pulau Kei Kecil maupun Kei Besar.

“Ada pesona wisata yang lebih indah lagi yakni di Pulau Kei Besar. Mudah-mudahan yatch yang akan datang nanti, kita hantar mereka ke sana (Pulau Kei Besar, red),” ucap Bupati Thaher.

Kareteristik masyarakat dan pesona seni budaya Kei dalam penyambutan yachter di Dermaga Uf hingga di Ohoi Danar, kampung raja menuai decak kagum para yachter.

Karol, Yachter asal Australia mengaku sangat terpesona dengan seni budaya masyarakat Kei yang ditampilkan selama penyambutan mereka.

Bahkan keramahtamaan Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun bersama jajaran Pemerintah daerah dan stakeholder, juga warga setempat membawa kesan mendalam bagi wisatawan kelas atas itu.

“Kami (Yachter, red) mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati dan semua warga yang telah menyambut kami pada saat ini. Bagi kami, ini adalah ungkapan selamat datang yang luar biasa dari Masyarakat Kei,” kata Karol dalam Bahasa Inggris.

Ia menjelaskan, mereka (para yachter) akan berada di Maluku Tenggara selama seminggu. Lantas, dia menganggap waktu seminggu itu terasa begitu singkat sehingga tak cukup bagi mereka untuk mempelajari bahasa Indonesia.

Namun demikian, Karol kembali menyanjung keunikan budaya masyarakat adat Kepulauan Kei di Kabupaten Maluku Tenggara dalam menyambut wisatawan mancanegara (wisman), peserta International Yacht Rally 2022.

“Atas nama mereka semua (yachter, red), saya mengucapkan terima kasih kepada semua masyarakat Kei yang sudah menyambut kami dengan luar biasa. Terima kasih, thank you su much. Momen ini takan terlupakan,” pungkas Karol.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar