Marrin News

Yacht Rally 2022 Singgah di Malra, Bupati MTH jadi Sopir Yachter

Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun tampak mengendarai mobil jeep hitam saat menghantar Yachter asal Selandia Baru menuju Ohoi Danar, Sabtu (16/7/2022). Sumber foto: Gerry Ngamel

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com – Ada momen menarik ketika Bupati Muhammad Thaher Hanubun (MTH) menghadiri ceremony penyambutan rombongan International Yatch Rally 2022 di Pelabuhan Navigasi dan KPLP Kelas II Tual di kawasan Uf-Yatwav, Maluku Tenggara, Maluku pada Sabtu (16/7/2022).

Bupati MTH tampak mengemudikan sendiri mobil jeep berwarna hitam. Sementara disamping dan belakang Thaher ada sejumlah Yachter asal Selandia Baru. Dia, MTH menjadi sopir untuk wisatawan kelas atas itu.

Bupati menyopiri Yachter Selandia Baru saat rombongan pelancong kapal layar mewah itu berarak keluar Pelabuhan Uf menuju Ohoi atau Desa Danar, Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan.

Rombongan Bupati dan Yachter diarak keluar dari kawasan pelabuhan dengan iringan tipa gong dan tarian khas Suku Kei.

Wisatawan Selandia Baru yang disopiri orang nomor satu Bumi Larvul Ngabal itu terlihat begitu bahagia. Mereka pun tak luput mengabadikan momen langka nan unik tersebut.

Di sepanjang perjalanan hingga di Ohoi Danar, rombongan yatch rally juga tampak melambaikan bendera masing-masing negara sembari menyapa warga setempat.

Adapun dalam acara penyambutan yang berpusat di Ohoi Danar, Thaher Hanubun menyampaikan apresiasi, sekaligus harapannya agar pihak penyelanggara International Yatch Rally dapat mendatangkan kembali pelancong kapal layar mewah atau yachter dalam skala besar di Kepulauan Kei, Maluku Tenggara.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara, saya ucapkan terima kasih atas partisipasi dan dukungan semua pihak dalam momentum kehadiran Yachter di Maluku Tenggara. Mudah-mudahan, Pak Remon bisa mendatangkan yatch lagi dalam jumlah besar seperti tahun 2019 silam,” ujar Thaher.

Harapan yang sama juga disampaikan Bupati kepada para yachter. Dia berharap, para yachter dapat mempromosikan pesona wisata di Maluku Tenggara kepada yachter lainnya sehingga akan ada kunjungan wisatawan mancanegara dalam jumlah besar.

Thaher memastikan, Pemerintah daerah bersama masyarakat Maluku Tenggara bakal memberikan suguhan atraksi seni dan tari, termasuk hal luar biasa lainnya di tahun 2023 mendatang.

“Setelah dari sini (Maluku Tenggara), ajak lagi teman-teman yachter seperti tahun 2019 lalu. Akan ada banyak acara kesenian dan budaya lainnya di sini, di Maluku Tenggara,” kata Bupati Thaher.

Thaher menyebut, ada 78 pulau di wilayah Kabupaten Maluku Tenggara yang bisa disinggahi wisatawan mancanegara. Pulau-pulau tersebut memiliki segudang potensi wisata, unik dan memukau.

“Ada pesona wisata yang lebih indah lagi yakni di Pulau Kei Besar. Mudah-mudahan yatch yang akan datang nanti, kita hantar mereka ke sana (Pulau Kei Besar),” tutur Bupati.

Wisatawan asing, rombongan rally yacht 2022 dari berbagai negara seperti Belanda, Amerika Serikat, Australia, Jerman, Inggris dan Selandia Baru diketahui sudah tiba di wilayah perairan Kabupaten Maluku Tenggara sejak 15 Juli 2022. 

Yachter akan berwisata di Kepulauan Kei, Maluku Tenggara selama sepekan, terhitung sejak 15 hingga 21 Juli 2022.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar