Marrin News

Pemo Somlain Salurkan Bantuan Sarana Perikanan Tangkap Senilai Rp63 Juta

Proses penyaluran bantuan perikanan tangkap di Ohoi Somlain, Kamis (14/7/2022). Sumber foto: Pemo Somlain

Penulis| Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com – Pemerintah Ohoi atau Desa (Pemo/Pemdes) Somlain, Kecamatan Kei Kecil Barat, Kabupaten Maluku Tenggara memberikan paket bantuan sarana perikanan tangkap dan budidaya kepada kelompok nelayan di desa itu. 

Penyerahan bantuan secara simbolis telah dilakukan di Kantor Ohoi Somlain, Kamis (14/7/2022) siang. Pembagian kemudian dilanjutkan secara door to door (dari rumah ke rumah para nelayan, red). 

“Dengan adanya bantuan dari anggaran dana desa ini, diharapkan produktivitas sektor kelautan dan perikanan di Ohoi Somlain semakin meningkat sehingga kesejahteraan masyarakat, khususnya para nelayan juga ikut meningkat,” kata Sekretaris Ohoi Somlain Adrianus Hengki kepada Marrinnews.com.

Sekretaris Ohoi Somlain Adrianus Hengki (kiri) menyerahkan bantuan secara simbolis kepada salah satu anggota kelompok nelayan tangkap. Sumber foto: Pemotongan Somlain

Hengki menyebut, paket bantuan sarana perikanan tersebut bersumber dari anggaran dana desa tahun 2022 bidang pemberdayaan masyarakat, sub bidang kegiatan perikanan tangkap senilai Rp63.362.500.

Dari total anggaran Rp63.362.500 itu, Pemerintah Ohoi Somlain mengalokasikan Rp41.325.000 untuk pengadaaan sarana tangkap meliputi jaring, timah pemberat, tali, pelampung jaring dan cool box.

Sementara sebesar Rp14.750.813 dialokasikan untuk pengadaan sarana budidaya ikan berupa satu unit rumpon. 

“Bantuan diperuntukan kepada kelompok bankanesom, mencakup 10 anggota nelayan tangkap,” jelas Hengki. 

Ia memastikan, Pemerintah Ohoi Somlain akan mengawal dan mendampingi setiap aktivitas para nelayan tangkap. 

Bahkan kelompok nelayan itu juga, menurut Hengki, wajib memberikan laporan kegiatan dan pendapatan atas aktivitas yang dilakukan. Oleh karena peruntukan bantuan harus dapat berkelanjutan dan bermanfaat. 

“Kami (Pemerintah Ohoi Somlain) ingin agar bantuan yang diberikan berdampak signifikan. Bantuan setelah diterima, tidak lalu dibiarkan begitu saja tanpa ada aktifitas. Untuk itu, kami pasti akan mengawal ketat setiap aktivitas mereka (nelayan tangkap di Ohoi Somlain, red),” tegas Hengki. 

Bantuan Lain dari Anggaran DD

Selain bantuan untuk kelompok perikanan tangkap, Hengki menambahkan, Pemerintah Ohoi Somlain juga bakal memberikan bantuan kepada kelompok budidaya rumput laut, kelompok ternak dan usaha mikro. 

Untuk kelompok budidaya rumput laut, kata dia, bantuan yang diberikan nanti mencakup bibit, tali dan fasilitas penunjang budidaya lainnya dengan nilai anggaran sekitar Rp30 juta. 

Kemudian, bantuan produk pengelolaan peternakan senilai Rp28 juta meliputi pakan ternak, obat-obatan dan sarana kandang. 

Sedangkan untuk kelompok usaha mikro, dialokasikan anggaran sekitar Rp20 juta. 

“Bantuan untuk kelompok-kelompok ini akan diberikan, paling lambat setelah anggaran tahap kedua dicairkan,” beber Hengki. 

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar