Marrin News

KONI Malra Prioritaskan Cabor Pendulang Medali di POPMAL 2022

Rapat anggota tahunan ke-V KONI Maluku Tenggara di ruang rapat Kantor Bupati, Sabtu (16/7/2022). Sumber foto: Diskominfo Malra

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com – Ketua Umum KONI Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun menyebut, cabang olahraga yang akan diikuti wakil-wakil Maluku Tenggara pada perhelatan akbar Pekan Olahraga Provinsi Maluku (Popmal) IV 2022, hanya cabor yang potensial mendulang medali.

Kebijakan mengenai hal itu mengemuka pada rapat anggota tahunan ke-V KONI Maluku Tenggara, Sabtu (16/7/2022).

“Tidak semua cabor kita ikutsertakan. Cabor yang potensial mendulang medali akan kita prioritaskan,” kata Thaher.

Menurut Bupati Maluku Tenggara itu, pertimbangan tersebut dilakukan mengingat potensi sumber daya terbatas, termasuk kemampuan keuangan daerah.

Berangkat dari hal itu, Thaher manekankan, Pengurus Harian KONI bersama pengurus cabang olahraga di Maluku Tenggara untuk lebih jelih dalam memilah nomor atau kelas dalam setiap cabor yang akan dipertandingkan.

“Setiap pengurus cabang olahraga juga bila perlu dapat berkoordinasi dengan pengurus provinsi cabor masing-masing sehingga latihan bisa lebih efektif,” ujar Ketua Umum KONI Maluku Tenggara itu.

Sementara itu, Pengurus Harian KONI Malra, Muhsin Rahayaan menyebut bahwa jumlah cabor potensial yang diikuti Maluku Tenggara itu baru akan ditetapkan setelah adanya hasil rapat bersama antara KONI Kabupaten/kota dan Gubernur selaku Ketua KONI Provinsi Maluku.

Pertemuan tersebut, menurut Rahayaan, dilangsungkan pada 23 Juli 2022. Adapun rapat dimaksud guna membahas dan memutuskan cabor yang dipertandingkan di Popmal IV nanti.

“Setelah pertemuan dimaksud, barulah kemudian KONI Malra melakukan rapat internal untuk menentukan cabor yang menjadi prioritas diikuti Malra,” jelas Rahayaan kepada Marrinnews.com via telepon WhatsApp, Selasa (19/7/2022).

Namun begitu, Muhsin mengatakan, pihaknya sejauh ini tengah berupaya membenahi keberadaan sarana prasarana masing-masing cabang olahraga.

“Kami sudah menyiapkan rencana-rencana kebijakan soal sarana pelatihan, termasuk juga mendorong setiap pengurus cabor untuk menyiapkan atlet-atletnya. Langkah percepatan atas kebijakan ini juga menunggu hasil rapat KONI Maluku,” kata dia.

Pesta olahraga akbar di Provinsi Maluku direncanakan berlangsung 14 hingga 26 November 2022 di Kota Ambon. Adapun 18 cabang olahraga berpeluang untuk dipertandingkan pada ajang tersebut.

Perhelatan Popmal nanti bakal menjadi peluang atlet-atlet Maluku Tenggara meraih prestasi. Sekaligus juga wahana untuk menunjukan prestasi putera-puteri terbaik Maluku Tenggara di bidang ohlaraga.

Lantas, Pemerintah daerah bersama KONI dan pengurus cabang olahraga di Maluku Tenggara pun harus berhitung, baik dari sisi anggaran, kesiapan fisik atlet hingga sarana prasarana latihan.

Atas hal itu, Thaher memastikan, KONI Maluku Tenggara akan memberi dukungan penuh sehingga memperlancar pelaksanaan latihan menjelang Popmal 2022.

“Bagi Pemerintah daerah pelaksanaan Popmal adalah ajang untuk menunjukkan prestasi putera-puteri terbaik Maluku Tenggara. Sudah saatnya kita bangkit dan tunjukkan bahwa Maluku Tenggara adalah yang terbaik,” kata Bupati Thaher.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar