Marrin News

International Yacht Rally 2022: Pariwisata Maluku Tenggara Kembali Bangkit

Suasana penyambutan peserta International Yatch Rally 2022 di Pelabuhan Navigasi dan KPLP Kelas II Tual di kawasan Teluk Dom, Kabupaten Maluku Tenggara. Sumber foto: Akun Facebook Maluku Tenggara Hebat

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com – Kepala Dinas Pariwisata Maluku Tenggara, Nurjana Yunus menyebut, pariwisata di Maluku Tenggara bakal semakin menggeliat setelah disinggahi 30 kapal layar mewah rombongan International Yatch Rally 2022.

Kunjungan wisatawan asing kelas atas di Bumi Larvul Ngabal juga, kata Nurjana, sekaligus menjadi momentum kebangkitan pariwisata Maluku Tenggara pasca ditimpa pandemi Covid-19 sekitar dua tahun terakhir.

“Kegiatan wisata ini baru dilaksanakan kembali setelah sempat fakum dua tahun akibat pandemi Covid-19. Melalui kegiatan wisata ini juga bisa menjadi sarana bagi Pemerintah daerah untuk mempromosikan potensi pariwisata Maluku Tenggara,” ujar Ana, sapaan akrab Nurjana Yunus kepada wartawan di sela-sela penyambutan yachter di Ohoi Danar, Sabtu (16/7/2022).

Dinas Pariwisata Maluku Tenggara mencatat, ada sekitar 26 yacht mencakup 60 wisatawan dari berbagai negara peserta International Yacht Rally 2022 kini telah berada di wilayah Maluku Tenggara.

Mereka tiba secara bertahap melalui pangkalan Pelabuhan Navigasi dan KPLP II Tual di kawasan perairan Uf-Yatwav pada Sabtu, 15 Juli 2022. Dan selanjutnya akan melakukan serangkaian perjalanan wisata selama satu minggu, hingga 22 Juli 2022 mendatang.

“Sesuai daftar, ada 30 yacht yang akan singgah di Maluku Tenggara. Namun, yang sudah tiba saat ini baru sebagian saja. Mungkin karena kondisi cuaca sehingga yacht lainnya akan menyusul,” kata Ana.

Lawatan wisatawan mancanegara kelas atas ini menjadi kegiatan wisata bertaraf internasional pertama yang berlangsung di Kabupaten Maluku Tenggara sejak pandemi Covid-19 pada Maret 2020.

Ana pun mengklaim, iven berskala internasional ini menunjukan Kabupaten Maluku Tenggara sudah siap kembali menerima wisatawan.

Maluku Tenggara, kata dia, punya wisata bahari, religi, atraksi budaya, kuliner tradisional hingga aktivitas keseharian warga yang tentunya sangat menarik untuk dinikmati wisatawan.

“Dengan kehadiran yachter saat ini, mereka bisa melihat langsung dan kembali menceritakan kepada yachter lainnya, dimana Maluku Tenggara sudah siap kembali menerima wisatawan,” tutur dia.

Sedia Paket Wisata

Menurut Ana, sejak tiba di Maluku Tenggara pada 15 Juli 2022 kemarin, rombongan wisatawan mancanegara, peserta International Yacht Rally 2022 telah melakukan sejumlah aktivitas.

“Siang harinya sejak kedatangan mereka, ada yang sudah pergi ke pusat Kota Langgur dan desa-desa sekitar untuk berbelanja. Setelahnya pada malam hari mereka mengikuti malam hiburan yang disediakan di kawasan pelabuhan Uf,” ungkap Ana.

Sementara itu, pihak panitia penyelenggara juga sudah menyediakan paket tour wisata senilai Rp400 ribu per orang (wisatawan). Paket wisata tersebut mencakup tour wisata religi, budaya, bahari dan wisata kuliner.

Ana menyebut, hingga Sabtu (16/7) sudah ada lima wisatawan yang mendaftarkan diri untuk mengikuti tour wisata.

“Paket ini tidak diwajibkan, tergantung pilihan wisatawan. Melalui paket tour ini juga, wisman bisa melihat keanekaragaman potensi wisata termasuk kuliner tradisional yang ada di Maluku Tenggara, kemudian mereka bisa bantu mempromosikannnya,” jelas Kadis Pariwisata Malra.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar