Marrin News

Bupati Thaher Pastikan Rumah Warga di Desa Ohoiren yang Terdampak Konflik Dibantu

Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun diwawancarai awak media di Hotel Villia Langgur (26/7) soal bantuan dari pemerintah untuk warga di Desa Ohoiren yang terdampak Konflik. Sumber foto: Gerry Ngamel

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com – Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun mengatakan, pemerintah daerah bakal memberikan bantuan untuk perbaikan rumah warga Desa Ohoiren yang terdampak konflik di wilayah Kecamatan Kei Kecil Barat.

Walau begitu, Bupati menyampaikan bahwa dirinya ingin memastikan kondisi kamtibmas di wilayah kecamatan tersebut, khususnya di Desa Ohoiren dan Ohoiren benar-benar sudah kondusif, tidak ada lagi pertikaian.

“Soal kerusakan rumah, pasti negara (pemerintah) hadir di situ untuk membantu. Hanya saja, kondisi desa harus kondusif,” kata Thaher kepada wartawan saat ditemui di Hotel Villia Langgur, Selasa (26/7/2022) malam.

Sesuai data yang dihimpun MARRINnews.com, konflik antara warga Desa Ohoiren dan Ohoidertutu pada 25 Juli 2022 mengakibatkan sebanyak 22 rumah warga di Desa Ohoiren mengalami kerusakan.

Bupati menyampaikan keprihatinannya atas konflik antar kedua desa, Desa Ohoidertutu dan Ohoiren. Ia menghimbau kedua warga desa bisa menahan diri, dan kembali berdamai.

“Filsofi Kei ‘Harta i vulir, minan i umat’. Harta dan rumah bisa dicari dan diperbaiki tapi kasih ‘fangnanan' antar sesama harus tertata kembali. Ciptakan rasa kasih ‘persaudaraan' diantara warga, hentikan pertikaian,” ujar Thaher.

Bupati menegaskan, kondisi warga Ohoiren dan Ohoidertutu saat ini memikat kepedulian dari berbagai kalangan publik, baik pemerintah daerah, TNI/Polri, tokoh agama maupun elemen masyarakat lainnya.

“Kapolda Maluku, Pangdam Pattimura hingga Uskup Diosis Amboina bahkan sampai turun langsung ke Desa Ohoidertutu dan Ohoiren. Ini semua karena mereka sangat peduli dengan kondisi warga di dua desa itu,” ucap Thaher.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar