Marrin News

Pemkab Malra Akan Bangun Sarana Sekolah Pakai DAK Fisik Reguler 2022

Ilustrasi sarana sekolah. Foto: istimewa

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINnews.com - Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara akan membangun sejumlah bangunan fisik di sekolah-sekolah jenjang TK, SD, dan SMP. Sarana-prasarana tersebut akan dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Reguler Bidang Pendidikan tahun 2022.

Adapun bangunan dimaksud antara lain Unit Kesehatan Siswa (UKS), Laboratorium Komputer, Area Bermain, Ruang Guru, Jamban, Rumah Dinas, dan Tata Usaha.  

Demikian disampaikan pihak Dinas Pendidikan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) DAK Fisik Reguler Bidang Pendidikan di Aula Kantor Bupati, Jumat (3/6/2022). 

Untuk tingkat TK, disebutkan akan dibangun UKS beserta perabotnya sebanyak dua unit, dan area bermain beserta perabot luarnya sebanyak satu unit. Pembangunan UKS dan Area bermain ini akan menggunakan anggaran sebesar Rp418 juta. 

Kemudian untuk tingkat SD, Pemkab Malra akan membangun UKS beserta perabotnya sebanyak delapan unit, ruang guru beserta perabotnya sebanyak dua unit. 

Ada juga jamban beserta sanitasi sebanyak satu unit, laboratorium komputer beserta perabotnya 10 unit dan rumah dinas guru beserta perabotnya sebanyak delapan unit. Anggaran untuk SD ini  dialokasikan sebesar Rp7,7 miliar.

Sementara untuk tingkat SMP, akan dibangun laboratorium komputer beserta perabotnya sebanyak tiga unit, tata usaha beserta perabotnya dua unit, UKS beserta perabotnya satu unit, dan rumah dinas guru beserta perabotnya sebanyak tiga unit. Pagu anggaran untuk SMP sebesar Rp4,6 miliar.

Untuk diketahui, raoat koordinasi DAK Fisik Reguler Bidang Pendidikan pada Jumat (3/6/2022) melibatkan 116  peserta dari unsur kepala sekolah, ketua  komite, serta kelompok masyarakat  pelaksana DAK Fisik. 

Rakor dilaksankan dengan tujuan menginformasikan arah dan kebijakan pengelolaan DAK Fisik Reguler Bidang Pendidikan kepada penerima DAK tersebut.

Rakor itu juga dirangkaikan dengan Bimtek penyelesaian pelaksanaan DAK Fisik, teknis penyelesaian dan penggunaan pengembangan DAK Fisik dalam menghasilkan pekerjaan yang berkualitas.  

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar