Marrin News

Peluncuran Tahapan Pemilu 2024, KPU Tual Gelar Dialog Bersama Stakeholder

Marrin News
Tampak Foto bersama Komisioner KPU, Sekretaris dan staf usai pelaksaan peluncuran tahapan Pemilu 2024

Penulis | Editor : Iwan Kalengkongan

TUAL, MARRINnews.com.- Komisi Pemilihan Umum Kota Tual menggelar dialog bersama stakeholder pada malam peluncuran tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 yang dilakukan serentak secara Nasional berlangsung dihalaman Kantor KPU Tual, Selasa (14/06/2022) Malam. 

Pantauan Marrin News, dialog dipandu langsung Komisioner KPU Tual Wawan Kurniawan sementara para undangan yang hadir diantaranya Sekretaris Kota Tual A Yani Renuat, S.Sos., M.Si bersama Kadis Kesbangpol I Kabalmay, S.Sos mewakili Pemerintah Kota Tual, Sekretaris KPU Tual Azis Rahanyamtel bersama staf, Ketua KPU Tual Ibrahim Faqih beserta Komisioner juga Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Anggota DPRD Kota Tual, Ketua Partai Politik, Komisioner Bawaslu, OKP serta perwakilan Pers. 

Marrin News
Ketua Bawaslu Kota Tual saat memberikan masukan terkait pelaksanaan tahapan Pemilu

Pemkot Mendukung secara Penganggaran dan Meminta Penyelenggara Menjaga Kualitas

Sekretaris Daerah Kota Tual A Yani Renuat, M.Si dalam arahanya mengatakan sesuai PKPU pelaksanaan tahapan dibagi menjadi dua yakni secara operasional secara umum dan tahapan yang diatur secara teknis oleh KPU. 

"Tahapan operasional secara umum itu pertama terkait penganggara kedua persiapan penguatan sinergitas kemananan serta kamtibmas dalam mendukung jalannya tahapan," Jelas Seda Kota Tual A Yani Renuat, M.Si.

"Kemudian yang ketiga pelaksanaan tahapan diharapkan agar dalam pelaksanaan sosialisasi dapat langsung menyentuh masyarakat," Tambahnya.

Marrin News
Pelaksanaan Dialog pada peluncuran tahapan Pemilu 2024 yang digelar dihalaman Kantor KPU Tual

Hal ini menurut sekda ketika sosialisasi terkait tahapan bisa dipahami seluruh lapiasan masyarakat maka dapat terciptanya kualitas dalam pelaksanaan Pemilu maupun Pemilukada. 

Menurutnya terkait penganggaran pada tahun 2022 Pemerintah Kota Tual telah menganggarkan 1 Miliar Rupiah sementara untuk Tahun 2023 pada sehari dua akan dilakukan pergeseran anggaran di DPRD sehingga pada kesempatan tersebut dirinya meminta dukungan dari Pimpinan Parpol serta Anggota DPRD.

"Nantinya dalam penganggaran akan dilakukan setelah verifikasi mana anggaran yang diintervensi melalui APBD dan mana yang melalui APBN," Paparnya. 

Untuk stabilitas dirinya memberikan kepercayaan penuh kepada TNI POLRI dengan terus melakukan koordinasi yang intens baik dari Pemerintah Daerah juga KPU dan BAWASLU. 

"Karena apapun walau telah dirancang dengan bagus namun apabila kondisi kamtibmas tidak kondusif maka pelaksanaan pasti akan terkendala," Ujarnya. 

"Oleh karena itu pada kesempatan saya sebagai sekda sangat mengharapkan dari bapak bapak TNI POLRI kiranya dapat mendukung pelaksanan tahapan Pemilu," Tutupnya.

Terpantau setelah dialog dan diskusi seputar hambatan dan tantangan dalam pelaksanaan tahapan yang mengacu pada pelaksanaan Pemilu dan Pemilukada sebelumnya acara kemudian dilanjutkan dengan menonton secara livestreaming pidato ketua KPU RI.


Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar