Marrin News

Pamer Lewat HIPMI Expo, Pariwisata Maluku Tenggara Mulai Dilirik Investor

Marrin News
Tampak Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun (kaos krak hijau) berfoto bersama Direktur Eksekutif BPPD Malra (kamera lengan panjang putih), BPPD-HIPMI Maluku dan sejumlah pengusaha pada acara HIPMI Ekspo di Jakarta Convention Center (JCC), pada 10-12 Juni 2022. Sumber foto: HIPMI Malra

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

MALUKU, MARRINnews.com – Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku memiliki beragam potensi destinasi wisata eksotis. Beberapa destinasi wisata unggulan Maluku Tenggara, seperti Wisata Pantai Ngurbloat (pasir panjang), Goa Hawang hingga Ngur Tavur (pasir timbul) sudah banyak dikunjungi wisatawan mancanagera dan pejabat tinggi negara.

Tak ayal, industri pariwisata diklaim sebagai sektor potensial untuk mendongrak perekonomian daerah dan masyarakat di negeri berjuluk Bumi Larvul Ngabal itu.

Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPBD) dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Maluku Tenggara secara konsisten bersama Pemerintah daerah terus berupaya dalam mendukung peningkatan pariwisata Maluku Tenggara.

Intervensi Pemerintah Provinsi Maluku, juga Pemerintah RI tak ketinggalan menemani perkembangan pariwisata Maluku Tenggara. Salah satunya dengan telah menetapkan Festival Pesona Meti Kei sebagai ivent nasional.

Tak sampai disitu, Kabupaten Maluku Tenggara kembali dipercayakan Pemerintah Provinsi Maluku mengikuti HIPMI Expo yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada 10-12 Juni 2022 kemarin.

HIPMI Expo adalah pameran yang menampung seluruh produk hasil kreasi pengusaha-pengusaha lokal daerah yang dihimpun HIPMI bersama Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia). Terdapat 108 stand dengan beragam produk kreasi pengusaha lokal dari 34 provinsi di Indonesia terpajang disana.

“Di stand Maluku cuman ada Kabupaten Maluku Tenggara. Maluku Tenggara dipercayakan untuk mempresentasikan tentang potensi-potensi pariwisata yang ada di Maluku, khususnya di Maluku Tenggara, Pulau Kei,” kata Direktur Eksekutif BPPD Malra Andi Abd Rahman Aziz kepada MARRINnews.com via pesan audio WhatsApp, Senin (13/6/2022).

Pihak BPPD dan HIPMI Maluku Tenggara pun memanfaatkan peluang tersebut. Andi katakan, beragam produk kerajinan tangan, kuliner Maluku dikenalkan dalam acara tersebut.

Menariknya, lanjut kata dia bahwa Kabupaten Maluku Tenggara diberikan ruang atau space khusus di stand Maluku untuk memamerkan karya destinasi wisata Kei, Maluku Tenggara yang diaplikasikan dengan video visual dan fotografi.

“Kita (Kabupaten Maluku Tenggara) mendapatkan space untuk menayangkan video throne, dan memamerkan foto-foto terkait destinasi wisata yang ada di Maluku Tenggara,” sebut dia.

Menurut Andi, pesona destinasi wisata Maluku Tenggara melalui karya yang disajikan lantas mampu menyedot animo khalayak, terutama pengusaha. Mereka (para pengusaha) terkesima, bahkan sampai menawarkan kerjasama investasi di Maluku Tenggara.

“Dampak yang kita dapatkan cukup baik. Banyak orang kemudian mencari tahu apa dan bagaimana Pariwisata di Maluku Tenggara, bagaimana dan apa saja kemudahan berinvestasi di Maluku Tenggara. Mereka juga menawarkan kerjasama antara travel agent,” beber Andi, yang juga menjabat sebagai Ketua HIPMI Malra.

Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun turut hadir dalam acara pameran kemarin. Kata Andi, Bupati menyambut baik keikutsertaan HIPMI Maluku Tenggara.

Bupati menyatakan kegiatan pameran ini sangat membantu daerah-daerah, khususnya Kabupaten Maluku Tenggara untuk mengenalkan produk UMKM, sekaligus potensi destinasi wisata yang dimiliki agar lebih dikenal di level nasional bahkan internasional.

Penyelenggaraan HIPMI Expo juga memberi peluang bagi daerah untuk meningkatkan perekonomian UMKM.

“Pa Bupati menyempatkan diri berdiskusi bersama anggota HIPMI, seperti dari Bali dan Labuhan Bajo. Pa Bupati juga mengajak kolaborasi, berupa kerjasama antara HIPMI Maluku Tenggara dengan HIPMI Bali dan Labuhan Bajo,” ungkap Andi

“Kerjasama yang ditawarkan Pa Bupati ini semata-mata untuk meningkatkan pariwisata Maluku Tenggara agar lebih baik lagi,” pungkasnya.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar