Marrin News

Video Viral Uskup Seno Cium Kaki Ibu Bikin Netizen Banjir Air Mata

Momen saat Uskup Amboina Mgr. Seno Ngutra mencium kaki ibunya. Sumber foto: tangkapan layar video yang diunggah. 

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINNEWS.com –  Bicara soal jabatan ataupun kedudukan, mungkin saja bisa menjadi kekuatan seseorang untuk tidak mudah takluk oleh apa dan siapa pun. Tapi bagaimana pun kita hanya anak manusia biasa, terlahir dari rahim ibu, dan dihadapan mereka lah kita bakal tersungkur dan menangis. Itulah yang dialami Monsinyur Seno Ngutra.

Dalam sebuah video yang tengah viral di media sosial, Uskup Amboina Monsinyur Seno Ngutra tampak terlihat meneteskan air mata setelah melihat ibunya. Dia juga terlihat bersujud, lalu mencium kaki sang ibu.

Video ini dibagikan akun Tik Tok @romokampung572, Sabtu (7/5/22). Video serupa juga diunggah akun YouTube Inno Ngutra, dan akun Facebook Ninna Heatubun. Ada sekian momen haru dibalik video tersebut.

Potret diawal video memperlihatkan sosok Monsinyur Seno dengan memakai busana kebesaran Uskup sedang berjalan ke arah pelataran sebuah rumah. Ia diketahui saat itu baru saja tiba di kampung halamannya dalam misi kunjungan kanonik perdana sebagai Uskup Amboina di wilayah Kepulauan Kei.

Dengan wajah berbinar, Uskup menyapa umat sembari terus melangkah menuju pelataran rumah. Lalu, tampak berdiri sosok perempuan lansia dengan balutan busana kebaya putih tradisional, dipadu kain sarung merah maron corak emas, dan selendang warna serupa tergantung di bahunya.

Siapa sangka, Monsinyur Seno langsung bersujud dibawah tubuh si perempuan lansia. Ya, dia mencium kaki ibunya, Teresia Baranyanan (87).

Ibunda Seno seketika terlihat menghela nafas panjang, mengusap air mata, mengelus dada, lalu menarik nafas lagi. Ia tercengang, seakan tak percaya ataukah mungkin tidak ingin si Buah Hati yang kini seorang Waligereja Katolik Roma, bersujud dan mencium kakinya.

Tapi apa boleh dikata, cinta dan pengorbanan ibu takan mungkin bisa terbayar oleh apa dan siapa pun. Saat hidupmu bahagia, ibumu tidak pernah memintamu untuk membagi kebahagiaanmu kepadanya, tapi saat kamu terluka ibumu selalu datang untuk menerima bagian dari lukamu.

Demikian juga sebagaimana ditulis Mgr Seno dalam keterangan unggahan video yang viral, “Sehebat apa pun dirimu, setinggi apa pun kedudukanmu, dan sekuat apa pun dirimu, tetapi anda tetaplah seorang anak di hadapan Sang Bunda”.

Momen kian berlanjut tatkala Monsinyur bangkit dari sujudnya. Wajah Monsinyur tampak memerah, matanya pun berkaca-kaca, ia seolah hendak berkata “Ibu, aku ingin engkau datang mengulurkan tangan membantuku untuk bangun kembali, karena kadangkala aku tidaklah sekuat dari apa yang kau lihat”.

Ibu Teresia seketika mengulurkan tangan kanannya. Sebisa mungkin dia berupaya meraih tangan anaknya untuk bangun kembali. Uskup Seno menunjukan ekspresi senada, tangan ibunya digengam erat, dan kali ini mereka saling mendekap.

Sedu hati, tangis haru sanak saudara pun tak terelakan melihat momen tersebut. Satu per satu dari mereka yang tengah berkerumun di pelataran rumah, terlihat mengusap air mata.

Belum berhenti di sana. Ibu Teresia mengambil sehelai handuk putih kecil, diusapi lah air mata dan keringat di sekujur wajah putra sulungnya. Sang Bunda kemudian dengan tangan sendiri memberi minum anaknya segelas air putih.

Suasana haru kembali terlihat di sini. Aksi nan penuh haru, bikin hati terenyuh melihatnya. Semua orang tampak tak kuasa menahan air mata.

Uskup Seno merupakan anak sulung atau pertama dari pasangan Alm. CH Ngutra dan Teresia Baranyanan. Kedua saudara Monsinyur yakni Marioa Fatima Ngutra (48) dan Cornelis Ngutra (46). Uskup Seno lahir di Desa Waur pada 7 November 1970.

Video berdurasi 1.04 menit di akun YouTube Inno Ngutra ini telah ditonton 7,8 ribu kali, dan 307 disukai. Sementara di beranda akun Facebook Ninna Heatubun sudah ditonton 97 ribu kali, mendapat tanggapan dari 1.356 netizen, dan telah 1.389 kali dibagikan ulang.

Sedangkan di akun Tik Tok @romokampung572, terpantau sudah ditonton 86,2 ribu kali, ada 9.413 netizen yang menyukai video itu dan 339 netizen membagikan ulang kisah penuh haru tersebut.

Komentar dari netizen pun bermunculan pada ketiga akun tersebut. Kebanyakan dari mereka mengaku bisa merasakan betapa bahagianya Uskup Seno karena dapat mencium kaki ibunya. Tak luput ada dari mereka juga yang mendoakan Uskup dan ibunya. Air mata pun berjatuhan di kolom komentar.

“Setinggi2nya jabatan setinggi2nya pendidikan di hadapan ibu kt bagi mreka kt masih anak2..bahagia ya yg masih mempunyai org tua lengkap...“ tulis @Frengky Diaz.

“Jd ingat orang tua terutama Mama, biasa y setiap imlek aku sll sungkem di kaki orang tua dan sll cuci kaki orang tua,” curhat @yayah.

“Knapa saya nangis,....Putraku g ada yg pingin masuk biara, semoga Bp uskup di beri sehat,” kata @Nunuk.

“Semoga Tuhan menyertai cita-cita adikku hingga saatnya dia juga dapat bersujud di kaki mama seperti bapa uskup,TYM bapa uskup selalu,” cuit @helenluangkaly.

“Perasaan campur aduk antara senang, gembira, bangga, sedih dan terharu melihat kerendahan hati serta hormatnya seorang anak kepada ibunya,” tulis Meilinda Jfr.

“Indahnya pertemuan seorang uskup yang tetap seorang anak yg harus hormat dan bakti pada Ibunda tercintanya. Selamat melaksanakan tugas penggembalaan sehat selalu dan terus semangat,” ujar Margaretha MElove of my life.

“Betapa indahnya cinta bunda kepada anaknya yang terpilih menjadi pemimpin bagi banyak umat, sungguh cinta kasih Tuhan yang luar biasa bagi Bapa Uskup,” ucap Bonaevan Sivakkar.

“Sangat mengharukan dan luar biasa Mgr.  Sangat setuju setinggi apapun kedudukan dan jabatan seorang anak,  kita tetaplah seorang anak yang haus akan kasih sayang seorang ibu,” kata Adrian Ende.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar