Marrin News

Bupati Thaher Pimpin Jalan Santai “Hardiknas” di Maluku Tenggara

Jalan santai dan aksi peduli lingkungan di Maluku Tenggara pada momentum peringatan Hardiknas, Jumat (13/5/2022). Sumber foto: Gerry Ngamel

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINNEWS.com - Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun melakukan gerak jalan santai dengan ratusan siswa, tenaga pendidik dan pejabat ASN di Maluku Tenggara, Jumat (13/5/22) pagi. Start berawal dari Kantor Camat Kei Kecil mengelilingi beberapa ruas jalan utama ibukota dan finish di halaman Kantor Dinas Pendidikan Maluku Tenggara.

Bupati Thaher ditemani Kepala Dinas Pendidikan Malra Umar Hanubun, Kepala Dinas Cabang Pendidikan Provinsi Maluku. Hadir pula sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pantauan Marrinnews.com, Bupati bersama ratusan pelajar SD hingga SMA, kalangan tenaga pendidik, dan pejabat ASN menyusuri ruas jalan di Maluku Tenggara. Peserta pun terlihat memungut sampah di sepanjang jalan yang dilalui. Iringan marching band menambah ramai suasana kegiatan pagi tadi.

Gerak jalan santai dan aksi pungut sampah tersebut adalah dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2022. Adapun kegiatan terselenggara dengan misi ‘serentak bergerak wujudkan lingkungan sehat menuju Maluku Tenggara Hebat’.

Bupati Malra M. Thaher Hanubun melepas peserta jalan santai dari garis start di depan Kantor Camat Kei Kecil. Sumber foto: Gerry Ngamel

Kepala Dinas Pendidikan Malra Umar Hanubun mengatakan, peringatan Hardiknas tahun ini bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri dan periode cuti bersama Lebaran. Oleh karena itu, sesuai Surat Edaran Kemenristek, upacara peringatan Hardiknas digeser pada 13 Mei 2020 bukan tanggal 2 Mei 2022 seperti biasanya.

Sementara di Maluku Tenggara, upacara peringatan Hardiknas direncanakan baru akan diselenggarakan pada 20 Mei 2022 mendatang. Upacara Hardiknas tersebut nantinya bertepatan dengan momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas).

 “Pelaksanaan upacara Hardiknas di Malra diundur hingga tanggal 20 Mei 2022, bersamaan dengan peringatan Harkitnas. Hal ini karena agenda kegiatan pemerintahan dan umum lainnya di Kabupaten Maluku Tenggara dalam beberapa minggu terakhir ini sangat padat,” jelas Umar kepada wartawan di ruang kerja Kantor Dinas Pendidikan Malra usai kegiatan. 

Lebih lanjut, Umar ungkap bahwa pihak Dinas Pendidikan Malra bersama PGRI telah mencanangkan berbagai kegiatan seleksi bakat siswa pada momentum peringatan Hardiknas 2022.

Hanya saja, menurut dia, kegiatan-kegiatan tersebut tidak dapat terlaksana karena diperhadapkan dengan masa puasa lebaran. Pihaknya juga masih harus berfokus pada urusan kedinasan.

“Kegiatan-kegiatan itu pasti akan dilaksanakan, rencananya berlangsung di November 2022. Akan ada juga seminar tentang pendidikan,” kata Umar.

Kepala Dinas Pendidikan Malra Umar Hanubun saat ditemui wartawan di ruang kerjanya. Sumber foto: Gerry Ngamel

Ia menyebut kegiatan Hardiknas di Malra diprakarsai oleh PGRI, dan melibatkan semua elemen satuan pendidikan baik TK hingga SMA/Sederajat. Bagi dia, kebersamaan dan kesatuan perlu dikedepankan untuk memajukan pendidikan di Bumi Larvul Ngabal.

“Selama ini kami merasa ada jarak diantara satuan pendidikan, baik yang bernaung dibawah Dinas Pendidikan Malra dengan Dinas Pendidikan Provinsi Maluku maupun di kalangan Kementerian Agama. Sehingga kebersamaan antar berbagai satuan pendidikan perlu dipupuk kembali melalui kegiatan-kegiatan seperti ini,” imbuhnya.

Bupati Thaher menegaskan, peringatan Hardiknas di Maluku Tenggara tetap diselenggarakan meski hari peringatannya sudah lewat. “Biar sudah lewat, tapi kita harus memperigatinya karena tanpa pendidikan, kita tak mungkin jadi apa-apa,” ujar Bupati dalam arahannya sebelum membuka kegiatan jalan santai.

Ia menambahkan, lingkungan pendidikan harus terjaga bersih. “Bersih hati, jiwa dan hal apa pun”. Hal ini dikatakan Bupati seiring tema yang diusung dalam kegiatan jalan santai dan aksi peduli lingkungan serentak bergerak wujudkan lingkungan sehat menuju Maluku Tenggara Hebat’.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar