Marrin News

Salurkan BLT DD, Andreas Refra Komitmen Perkuat Transparansi Penggunaan Anggaran

Proses penyaluran BLT 144 KPM di Desa Ngadi, bertempat di Aula Kantor Desa Ngadi, Jumat (29/04/2022). Sumber foto: Dokpri

Penulis | Editor: Redaksi/Gerry Ngamel

TUAL, MARRINNEWS.com - Sebanyak 144 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Ngadi Kecamatan Dullah Utara Kota Tual menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap pertama, terhitung Januari hingga Maret 2022. Dana bantuan ini sendiri bersumber dari Dana Desa.

Penyaluran BLT dilakukan secara simbolis di Aula Kantor Desa Ngadi, Jumat (29/04/2022) oleh Kejari Tual, yang diwakili Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara M Yongen Pangkey. Ia di dampingi Penjabat Kepala Desa Ngadi Andreas Refra, serta Babinsa desa setempat. Kemudian penyalurannya dilanjutkan oleh Bendahara Desa.

Penjabat Kepala Desa Ngadi Andreas Refra mengatakan, pihaknya telah berkomitmen memperkuat transparansi dan akuntabilitas tata kelola anggaran dana desa di pemerintahan desa setempat. Komitmen tersebut dilakukan dengan melibatkan Kejaksaan Negeri Tual dalam proses penyaluran bantuan langsung tunai.

Wujud lainnya yakni, lanjut dia, pihaknya akan senantiasa terbuka kepada publik dan masyarakat Desa Ngadi dalam hal manajemen pengelolaan keuangan desa.

“Sehingga masyarakat bisa mengetahui program kerja Pemerintah Desa Ngadi dalam 1 Tahun kedepan. Termasuk dengan pembagian BLT saat ini,” ujar Refra kepada Marrinnews saat ditemui di sela-sela penyaluran BLT siang tadi.

Menurut dia, komitmen tersebut merupakan wujud implementasi dari amanat Walikota Tual Adam Rahayaan, yang menginginkan penjabat kepala desa dan aparaturnya lebih maksimal dalam bekerja dan mensejahterakan masyarakat desa melalui bantuan dana desa.

Sejumlah KPM sedang menunggu untuk menerima BLT. Sumber foto: Dokpri

Menyoal tentang kemungkinan adanya pendobolan nama penerima manfaat BLT, Refra memastikan bahwa tidak ada pendobolan.

“Hal ini dikarenakan banyak keluarga penerima manfaat juga telah mendapatkan bantuan pemerintah seperti  BST, PKH maupun BPNT,” terang Refra.

Ia berharap dengan adanya bantuan ini bisa mengurangi beban ekonomi masyarakat. “Menjelang lebaran tentunya kebutuhan akan lebih meningkat sehingga diharapkan BLT ini bisa membantu warga,” pungkas Refra.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar