Marrin News

Pasar Murah Ramadhan Pemkot Tual Sasar Pulau Tayando Hingga Kur Selatan "Subsidi 60 Persen"

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tual Darnawati Amir diwawancarai awak media, di halaman Mapolres Tual, Jumat (22/4/2022). Sumber foto: Gerry Ngamel

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

TUAL, MARRINNEWS.com – Pemerintah Kota Tual bakal melaksanakan program pasar murah twrpadu Ramadhan 2022 di sejumlah lokasi di wilayah administratif Kota Tual. Kegiatan tersebut diharapkan bisa membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok dan komoditas pangan strategis lain dengan harga lebih terjangkau.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tual Darnawati Amir mengatakan, untuk kelangsungan pasar murah Ramadhan tahun ini, Pemerintah Kota akan menyediakan sebanyak 2.400 paket sembako.

“Dalam rapat koordinasi terakhir pada Kamis (21/4/2022) malam, kita sudah menentukan ada 2.400 paket akan kita distribusi minimal. Kemungkinan paket sembakonya akan bertambah karena ada sumbangsih dari kepala-kepala dinas,” ujar Amir kepada Marrinnews.com saat ditemui di halaman Mapolres Tual, Jumat (22/4).

Menurut dia, Kepala OPD di lingkungan Pemerintahan Kota Tual diberikan kesempatan beramal selama Bulan Ramadhan. “Alhamdulilah, beberapa pimpinan OPD bersedia memberi donasinya untuk mendukung gelaran pasar murah,” kata dia.

Sebaran lokasi pasar murah tahun ini di wilayah Pemerintahan Kota Tual berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Di tahun sebelumnya hanya berpusat di Pulau Dullah Utara dan Dullah Selatan, namun di tahun 2022 menyasar hingga ke Pulau Tayando Tam, Pulau-Pulau Kur dan Kur Selatan.

Amir menyebut, ketersediaan paket sembako untuk Tayando Tam sebanyak 400 paket sembako, Pulau-Pulau Kur dan Kur Selatan 650 paket. Sedangkan untuk Pulau Dullah Utara dan Dullah Selatan sebanyak 1.350 paket.

“Direncanakan besok, Sabtu (23/4), kami akan distribusikan 400 paket sembako ke Tayando. Kemudian, di hari Minggu (24/4) trip ke Pulau-Pulau Kur dan Kur Selatan dengan membawa 650 paket sembako,” imbuh Darnawati.

Sementara pasar murah terpadu di pusat ibukota direncanakan mulai dibuka pada 28 April 2022 mendatang, berlokasi di Gedung Baileo, Taman Kota Tual, Pulau Dullah Selatan. “Termasuk juga lokasi di Dullah Utara akan dilaksanakan di hari yang sama (28/4),” kata Amir.

Kadis Perindag Tual menegaskan, semua penerima manfaat pasar murah di Kota Tual harus memenuhi syarat yang diberlakukan. Syarat itu, lanjut kata dia, adalah wajib memiliki sertifikat vaksinasi Covid-19, minimal vaksin dosis kedua.

“Apabila ditemukan ada warga yang beli memiliki kartu vaksin dosis kedua, maka warga tersebut harus wajib ikut vaksin barulah bisa berbelanja di pasar murah ini,” imbau Amir.

Dalam pasar murah terpadu Ramadhan itu, berbagai kebutuhan pokok dan komoditas pangan strategis lainnya dijual antara lain seperti beras, gula, minyak goreng, telur, sayuran, cabai, hingga bawang merah. Adapun harga jual barang tersebut jauh lebih baik dibanding pasar. Selisihnya cukup besar.

Amir memastikan, untuk harga satu paket sembako berupa beras 2 kilogram, terigu 1 kilogram, minyak goreng 1 liter, sirup, mantega dan susu senilai Rp100.000. Meski begitu, Pemerintah Kota Tual memberikan subsidi sebesar 60 persen atau Rp60.000 per paket sembako.

“Sehingga masyarakat hanya cukup membeli satu paket dengan harga Rp40.000 saja,” pungkas Amir.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar