Marrin News

Operasi Ketupat Salawaku 2022, 475 Personel Gabungan Disiagakan di Kota Tual dan Malra

Wali Kota Tual Adam Rahayaan menyematkan pita operasi kepada salah satu perwakilan personil pada apel gelar pasukan Operasi Ketupat Salawaku 2020, di Lapangan Mapolres Tual, Jumat (22/4/2022). Sumber foto: Gerry Ngamel

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

TUAL-MALRA, MARRINNEWS.com – Sebanyak 475 personel gabungan bakal dikerahkan untuk bersiaga saat Operasi Ketupat Salawaku, selama periode mudik hingga perayaan Idul Fitri 2022 di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.

Kepala Kepolisian Resort Tual AKBP Dax Emmanuelle Samson Manuputty mengatakan, personel gabungan itu terdiri dari unsur TNI-Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Basarnas dan unsur lainnya.

“Ada kurang lebih 400 personel yang kita siapkan. Tentunya personel gabungan ini melibatkan Kepolisian dan TNI maupun instansi-instansi terkait,” sebut Dax Manuputty kepada wartawan di Aula Janunura Mapolres Tual, Jumat (22/4).

Dari 475 personel tersebut, 200 personel diantaranya merupakan anggota Kepolisian Resort Tual dan Batalyon C Pelopor Satuan Brimob Polda Maluku.

Selain TNI-Polri dan instansi pemerintah, ada sejumlah organisasi masyarakat juga akan terlibat dalam Operasi Ketupat Salawaku 2022, yakni organisasi pemuda, orari dan pramuka.

Kapolres Tual AKBP Dax Emanuelle Samson Manuputty saat diwawancarai di Aula Janunura Mapolres Tual, Jumat (22/4). 

Kapolres menyebut, ada tiga jenis posko yang didirikan tahun ini yakni posko pengamanan (pos pam), posko pelayanan (pos yan) dan posko terpadu. Posko-posko tersebut tersebar di wilayah Kota Tual maupun Kabupaten Maluku Tenggara

Untuk posko pengamanan, ada 7 pos. Dari ketujuh posko, 5 posko diantaranya berlokasi di Wartel Un, Masjid Raya Tual, Pom Mini Weahir, SKB dan persimpangan DPRD Kota Tual. Sedangkan dua posko lainya ditempatkan di wilayah Maluku Tenggara, berlokasi di Taman Watdek dan Perempatan Lampu Merah Ohoijang.

Kemudian, pos pelayanan sebanyak 6 unit. Masing-masing berlokasi di Pasar Masrum Tual, Pasar Langgur,  Pelabuhan Feri Tual, Pelabuhan Watdek, Pelabuhan Elat dan Pelabuhan Tamangil.

Selanjutnya, dua posko terpadu berlokasi di Pelabuhan Yos Sudarso Tual dan Bandara Karel Sadsuitubun Langgur.

“Inilah posko-posko yang kita siapkan untuk pelaksanaan kegiatan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 2022,” imbuh Kapolres Tual.

Adapun Operasi Ketupat Salawaku di wilayah hukum Kepolisian Resort Tual bakal berlangsung selama 12 hari, dimulai 28 April hingga 9 Mei 2022.

Manuputty memastikan, pengamanan kamtibmas oleh satuan personel akan dilakukan semaksimal mungkin selama pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

“Kita harapkan perayaan Idul Fitri 2022 nanti dapat terlaksana dengan baik dan aman,” ucap dia.

Diketahui, Kepolisian Resort Tual pada Jumat (22/4/2022) pagi telah melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Ketupat Salawaku 2022, di Lapangan Mapolres Tual. Wali Kota Tual Adam Rahayaan bertindak sebagai inspektur dalam apel gelar pasukan tersebut.

“Apel gelar pasukan ini kita lakukan lebih dahulu untuk mengantisipasi situasi mudik. Karena pada Lebaran tahun ini tidak ada kebijakan pembatasan pergerakan (mudik) bagi masyarakat oleh Pemerintah,” kata Manuputty.

Usai apel, Kepolisian Resort Tual dibawah pimpinan AKBP Dax Mannuelle Manuputty menggelar rapat koordinasi lintas sektor. Rapat tersebut dalam rangka memastikan kesiapan setiap unsur personel dalam menghadapi pengamanan Idul Fitri 2022.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar