Marrin News

KSAD Dudung Pastikan Heins Songjanan Ikut Dilantik Jadi Prajurit TNI AD, Besok!

 

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman (kiri) berfoto bersama Heins DJ Songjanan, Rabu (13/4/2022) di Ambon. Sumber foto: Dokpri

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

Ambon, MARRINNEWS.com - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memastikan Heins DJ Songjanan bakal dilantik menjadi Prajurit TNI AD di Komando Daerah Militer XVI/Pattimura.

“Minggu depan dia (Henz Songjanan) akan segera dilantik,” kata Kasad usai memberikan kuliah umum di Auditorium Kampus Universitas Pattimura Ambon, Maluku, Rabu (13/4/2022).

Heins Songjanan sebelumnya diberhentikan tidak dengan hormat (PTDH) dari Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AD gelombang II tahun 2021. Pemecatan dilakukan Kodam setempat dikarenakan kasus pemalsuan dokumen kewarganegaraan yang dilakukan Ayah Heins, Mikael Songjanan, berkebangsaan Myanmar. Mimpi Heins pun seketika sirna.

Walau begitu, malaikat penolong menghampiri Heins. Asa Putra Kei berdarah Myanmar ini untuk menyandang status Prajurit TNI dikembalikan, seiring perjuangan berbagai kalangan masyarakat dan kebijakan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan KSAD Jenderal Dudung.

Dia, Heins Songjanan dipanggil kembali sebagai Prajurit Siswa Secata PK Rindam XVI/Pattimura untuk selanjutnya dilantik sebagai prajurit TNI AD.

Kasad Dudung menjelaskan, dalam pelaksanaan pendidikan tidak serta merta hasil tes administrasi ditetapkan saat itu saja. Penilaian hasil akan terus dilakukan pengecekan selama dalam pendidikan oleh para Babinsa dan Intelijen di lapangan.

“Salah satu hasilnya diketahui ada hal yang dilanggar oleh orang tua Henz, khususnya bapaknya yang masih berkebangsaan Myanmar,” ujar Jenderal.

Setelah mempelajari permasalahan ini, lanjut kata Kasad, dirinya mengambil kebijakan untuk memanggil dan mengembalikan status prajurit siswa kepada Heins Songjanan.

Ia juga telah memerintahkan Pangdam XVI/Pattimura untuk membantu orang tua Heins Songjanan agar dapat menyelesaikan permasalahan administrasi tersebut, sehingga ke depannya tidak memberatkan institusi TNI AD.

“Anak (Heins) ini lahir dan besar di Maluku. Ia tidak mengerti apa-apa. Kesalahan orang tua tidak boleh dilimpahkan kepada anak-anak,” tegas Jenderal Dudung.

Sementara itu, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon dan Gubernur Maluku Murad Ismail memastikan, pelantikan akan berlangsung Kamis (14/4/2022) besok. Heins DJ Songjanan diikutsertakan dalam upacara pelantikan tersebut.

“Anak Ini sudah bisa dilantik besok, ini adalah Perintah Kasad Jenderal Dudung saat bersama saya di bandara Pattimura Ambon tadi,"  Rabu (13 April 2022).

Gubernur berharap, Songjanan dapat menjadi seorang prajurit tangguh dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Maluku.

"Dengan lolosnya Songjanan menjadi prajurit TNI AD Komando Daerah Militer XVI/Pattimura, ada harapan kelak dia dapat menjadi prajurit yang tangguh dan kebanggaan bagi Masyarakat Maluku," tandas Murad. 

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar