Marrin News

Dinkes Tual Siapkan 9 Pos Layanan Kesehatan Selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2022

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual Darnawati Amir memberikan keterangan dalam wawancara bersama awak media di halaman Mapolres Tual, 22 April 2022. Sumber foto: Gerry Ngamel

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

TUAL, MARRINNEWS.com – Dinas Kesehatan Kota Tual menyiapkan 9 pos pelayanan kesehatan pemudik selama arus mudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah/2022. Pos pelayanan ini tersebar di sejumlah titik di wilayah daratan dan pulau, Kota Tual.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual Darnawati Amir mengatakan, pos pelayanan kesehatan tersebut disiagakan pada 28 April-9 Mei 2022 yang terintegrasi dengan aparat gabungan tim Operasi Ketupat Salawaku 2022. Pada setiap pos disiapkan juga 9 unit ambulance.

“Kami akan menyiapkan 9 ambulance dengan 9 titik pos, termasuk pos di Tubyal Kur dan Tayando Tam,” ujar Darnawati Amir dalam rapat koordinasi bersama Kepolisian Resort Tual di Aula Janunuraga Mapolres Tual, baru-baru ini.

Masing-masing pos, lanjut kata dia, akan disiapkan tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan setempat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, termasuk juga layanan vaksinasi Covid-19 bagi pemudik yang membutuhkan.

Adapun sebanyak 36 tenaga kesehatan siap ditempatkan pada sembilan pos pelayanan kesehatan tersebut. “Untuk layanan kesehatan, kami menyiapkan personel sebanyak 36 orang, terdiri dari dokter, bidan dan perawat,” sebut Amir.

“Kami juga akan mengaktifkan kembali pos klinik di pangkalan angkatan laut dan Polres Tual, juga pos kesehatan yang berada di Pelabuhan Yos Sudarso Tual. Pos kesehatan di pelabuhan diperuntukan khusus bagi pemudik yang menggunakan kapal laut, baik yang mau berangkat maupun yang akan tiba,” sambung dia.

Amir menegaskan, pihaknya mendukung penuh Operasi Ketupat Salawaku 2022, yang digelar Kepolisian Resort Tual.

“Kami, Dinas Kesehatan selalu siap untuk memberikan pelayanan terbaik dalam rangka pelaksanaan mudik Lebaran tahun ini,” imbuhnya.

Layanan Vaksinasi Malam Hari

Darnawati Amir melaporkan, cakupan vaksinasi Covid-19 dosis satu Kota Tual mencapai 65 persen, dosis kedua 45 persen, dan dosis ketiga baru mencapai kurang lebih 4 persen. Capaian ini berdasarkan data KPCPN periode 22 April 2022.

“Bersama Kepolisian Resort Tual, kami telah bersama-sama melaksanakan vaksinasi,” kata Amir.

Ia menambahkan, dalam upaya mengenjot capaian target sasaran vaksianasi, pihaknya membuka pelayanan malam hari. Adapun pelayanan ini berlokasi di Aula Kantor Wali Kota dan Dinas Kesehatan.

“Center layanan vaksinasi di wilayah Kota Tual, tetap berlokasi di taman Kota. Selain itu, vaksinasi serentak yang dilakukan bersama Kementerian Agama, PBNU dan Polres Tual jiga sudah dilaksanakan selama 3 hari di Gedung LPTQ Tual,” ungkap dia.

Amir mengaku, layanan vaksinasi selama 3 hari kemarin belum menjangkau banyak masyarakat. Ia pun berharap, Tokoh-tokoh agama dapat memobilisasi umat pada saat sholat taraweh nanti untuk mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar