Marrin News

Danlantamal IX Tinjau Potensi Perikanan di Tual

 Danlantamal IX Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina mendampingi Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Richard TH Tampubolon saat meninjau aktifitas nelayan di Kota Tual, Senin (18/4/2022). Sumber foto: Lanal Tual

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

TUAL, MARRINNEWS.com – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) IX Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina mendampingi Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Richard TH Tampubolon melakukan serangkaian agenda kunjungan kerja di Kota Tual, Maluku.

Keterangan pers resmi Lanal Tual yang diterima Marrinnews.com (19/4) malam menyebutkan, pada Senin (18/4/2022) Brigjen Said bersama Pangdam Pattimura meninjau sejumlah lokasi pemberdayaan masyarakat nelayan di wilayah Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.

Dalam peninjauan Senin kemarin, Brigjen Said dan Pangdam melihat secara langsung aktifitas dan hasil tangkapan ikan yang didapat oleh para nelayan di wilayah itu.

“Peninjauan ini menjadi sangat penting dilaksanakan, mengingat dalam waktu dekat kebijakan penangkapan ikan terukur akan diterapkan. Dimana dalam kebijakan tersebut nelayan lokal juga diterapkan kuota penangkapan ikan oleh Pemerintah,” jelas Said sebagaimana rilis tersebut.

Selanjutnya, pada Selasa (19/4/2022) Danlantamal IX bersama rombongan kembali melaksanakan dialog dengan para nelayan dalam acara temu muka. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyerap aspirasi dan permasalahan yang dihadapi nelayan.

Adapun acara temu muka tersebut melibatkan sejumlah kelompok nelayan dan  komponen perusahaan. Kegiatan berlangsung dengan suasana hangat dan semangat kebersamaan.

Dalam dialog, Brigjen Said mengapresiasi semangat yang ditunjukan para nelayan saat mengarungi lautan untuk menangkap ikan.

Ia pun mengingatkan nelayan setempat agar tetap memperhatikan keselamatan dalam melaksanakan aktifitas melaut.

“Harus tetap mengikuti perkembangan cuaca dari BMKG, melengkapi kapal dengan dilengkapi GPS, radio dan perlengkapan keselamatan perorangan (swim vest/life jacket),” ujar Said.

Danlantamal IX menyakini dengan semangat yang dimiliki nelayan saat ini maka akan dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Termasuk juga mensukseskan program pemerintah yang menjadikan Maluku sebagai salah satu lumbung perikanan nasional

“Sehingga akan meningkatkan taraf hidup nelayan khususnya di wilayah Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara,” pungkas Brigjen Said.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar