Marrin News

Cuaca Ekstrim, Dishub Tual Imbau Masyarakat Agar Tak Berlayar

Ilustrasi kondisi lautan ditengah cuaca ekstrim. Sumber foto: istimewa. 

Penulis | Editor: Redaksi/Gerry Ngamel

TUAL, MARRINNEWS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Tual melalui Dinas Perhubungan mengeluarkan imbauan bagi masyarakat daerah tersebut, khususnya pemilik kapal/nahkoda dan pengguna angkutan laut agar tidak melakukan pelayaran dalam kondisi cuaca ekstrim. Hal itu untuk mengantisipasi keselamatan ditengah perjalanan saat melintasi lautan.

Kepala Dinas Perhubungan Tual Usman Borut mengungkapkan,  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon, pada Selasa 22 Februari 2022 telah mengeluarkan peringatan dini adanya gelombang tinggi mencapai 4 sampai 6 meter di sekitaran laut Maluku dan laut Halmahera.

Informasi tersebut, kata Usman, berdasarkan isi surat pemberitahuan oleh Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tual.

Seiring itu, Dinas Perhubungan Kota Tual mengeluarkan imbauan kepada masyarakat. Isi imbauan tersebut, yakni larangan berlayar saat cuaca buruk/ekstrem, memperhatikan dan menyediakan kelengkapan alat keselamatan berlayar, dan memiliki surat persetujuan berlayar (SPB) dari pihak berwenang sebelum berlayar.

“Hal ini kita lakukan untuk mengantisipasi kondisi saat ini, khususnya saat cuaca alam yang cukup buruk. Keselamatan masyarakat perlu diutamakan,” tegas Borut saat diwawancarai via telepon seluler, Selasa (22/2/2022).

Borut menambahkan, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi dan evaluasi bersama setiap bidang di perhubungan agar selalu siaga.

“Kita akan lakukan pemeriksaan tentang surat-syarat kelengkapan bagi pemilik kendaraan laut, dan juga kelengkapan alat keselamatan. Sehingga mereka bisa mengantisipasi segala keadaan yang nanti terjadi,” tambah Borut.

Dia berharap agar masyarakat Kota Tual yang memiliki kendaraan laut dan juga yang ingin bepergian melalui laut untuk bijak dan memerhatikan imbauan pemerintah demi keselamatan.


Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar