Marrin News

BLT Minyak Goreng Mulai Disalurkan di Malra, Dinsos dan PT Pos Kebut Capai Target Sebelum Lebaran

Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Malra Martinus Mon mewakili Bupati Malra saat penyerahan BLT minyak goreng kepada salah satu KPM di Gedung Serbaguna Larvul Ngabal Langgur, Senin (18/4/2022). Sumber foto: Gerry Ngamel. 

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

LANGGUR, MARRINNEWS.com - PT Pos Indonesia Cabang Tual bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Pemkab Malra) melalui Dinas Sosial tengah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng di daerah itu. Penyaluran sudah dimulai sejak tanggal 12 April 2022.

Realisasi penyaluran bantuan langsung tunai sebagai kompensasi kenaikan harga minyak goreng di Maluku Tenggara, tercatat hingga Senin (18/4/2022) telah menyentuh 12 persen dari total sasaran sebanyak 7.230 KPM.

“Launcing nasional penyaluran BLT minyak goreng telah dilakukan sejak Selasa (12/4) kemarin. PT Pos Indonesia sendiri sudah mulai menyalurkannya di Ohoi Ohoijang, Langgur, Faan, Wearlilir, Ibra, Sathean dan Ohoi Ngabub,” kata Kepala Dinas Sosial Malra Hendrikus Watratan kepada Marrinnews.com di Gedung Serbaguna Larvul Ngabal Langgur, Senin (18/4).

Sementara hari ini (18/4), Watratan melanjutkan, penyaluran dilakukan kepada 500-an keluarga penerima manfaat yang tersebar di Kelurahan Ohoijang-Watdek, Ohoi Watdek, Kolser, Loon, Kelanit, Ohoider Atas, Ohoidertawun, Sitniohoi, Dunwahan dan Ohoi Letman.

Ia menyebut, penyaluran BLT minyak goreng di Malra dilakukan sesuai jadwal yang ditetapkan. Khusus layanan di daratan Kei Kecil dilakukan 3 kali dalam seminggu (Senin, Rabu dan Jumat). Hal ini untuk kelancaran dan penumpukan antrean.

“Kemarin dan hari ini di wilayah Kecamatan Kei Kecil. Sedangkan pada Rabu (20/4) besok dilanjutkan untuk wilayah Kecamatan Kei Kecil Timur dan hari Jumat (21/4) untuk wilayah Kecamatan Manyeu. Kemudian untuk minggu berikutnya disalurkan kepada KPM di Kecamatan Hoat Sorbay, Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan dan Kecamatan Kei Kecil Barat,” rinci Watratan.

Watratan mengatakan, penyaluran BLT minyak goreng untuk KPM di Kecamatan Kei Kecil, Kei Kecil Timur, Manyeu dan Hoat Sorbay dilakukan terpusat di Gedung Serbaguna Larvul Ngabal Langgur. Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan dan Kei Kecil Barat akan disalurkan secara langsung kepada KPM di ohoi masing-masing oleh PT Pos Indonesia Cabang Tual.

“Jangkauan KPM dari dua kecamatan tersebut ke gedung serbaguna cukup jauh. Oleh karenanya, pihak PT Pos Cabang Tual akan turun langsung melayani KPM di ohoi-ohoi yang ada di dua kecamatan itu,” jelas dia.

Lebih lanjut untuk wilayah Pulau Kei Besar diagendakan penyalurannya dilakukan pada setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu. “Kita (Dinsos Malra) akan berkoordinasi dengan PT Pos sehingga pelayanan untuk wilayah Pulau Kei Besar juga dapat dilakukan dalam tiga hari itu (Selasa, Kamis dan Sabtu),” imbuhnya.

Apabila tak ada kendala, Watratan menargetkan proses penyaluran BLT minyak goreng secara keseluruhan ke 11 kecamatan dapat tercapai sebelum Hari Raya Idul Fitri 2022.

“Kita akan upayakan semaksimal mungkin sehingga 7.230 KPM di Kabupaten Maluku Tenggara sudah dapat terlayani sebelum Hari Raya Lebaran tiba,” tegas dia.

Nilai Bantuan dan Data KPM

Nominal BLT minyak goreng senilai Rp100 ribu per bulan diberikan sekaligus untuk tiga bulan periode April, Mei, dan Juni. Sehingga, total BLT minyak goreng yang diterima per KPM adalah senilai Rp300 ribu.

Selain menyalurkan BLT minyak goreng, Pemda Malra juga melakukan penyerahan simbolis program bantuan reguler bantuan non pangan tunai (BNPT/sembako) tahap 5 bulan Mei serta tahap 4 dan 6 bulan April-Juni kepada 7.230 KPM.

Bantuan sembako ini diberikan secara tunai senilai Rp200 ribu per bulan, yang selanjutnya dipergunakan oleh KPM untuk membelanjakan kebutuhan sembako berupa protein, karbohidrat dan vitamin.

“Bantuan sembako tahap 5 disalurkan melalui PT Pos Cabang Tual. Sedangkan tahap 4 dan 6 disalurkan melalui Bank Mandiri Cabang Langgur,” sebut Watratan.

Khusus mengenai data penerima dua jenis bansos ini, Watratan menyebutkan bahwa baik untuk KPM BLT minyak goreng maupun bantuan sembako adalah data penerima yang sama. Data tersebut diverifikasi, divalidasi, kemudian ditetapkan sendiri oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

“Jadi 7.230 KPM penerima bansos sembako yang ditetapkan Menteri Sosial, sekaligus juga sebagai penerima BLT minyak goreng. Di angka 7.230 KPM ini juga terdapat sebagian penerima bantuan program keluarga harapan (PKH),” pungkas Hen, sapaan akrab Kadis Sosial Malra.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar