Marrin News

Wali Kota Tual Resmikan Gerai Alfamidi Pertama di Kota Tual

Wali Kota Tual Adam Rahayaan didampingi Wakil Ketua DPRD Ali Mardana saat meresmikan gerai Alfamidi pertama di Kota Tual, Senin (28/3/2022). Foto: Jimmy. 

Kontributor: Jimmy
Editor: Gerry Ngamel

TUAL, MARRINNEWS.COM – PT Midi Utama Indonesia Tbk atau Alfamidi sebagai perusahan jaringan ritel nasional kembali melebarkan sayapnya hingga ke Bumi Maren, Kota Tual, Provinsi Maluku. Gerai Alfamidi pertama di Kota Tual berlokasi di Jalan J. Laimena, Kecamatan Dullah Selatan.

Grand opening atau peluncuran perdana Alfamidi Kota Tual, diresmikan Wali Kota Tual Adam Rahayaaan, Senin (28/3/2022). Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Wali Kota, didampingi Wakil Ketua DPRD Kota Tual Ali Mardana.

Dalam sambutannya, Wali Kota Adam menyambut baik kehadiran gerai Alfamidi di Kota Tual. Ia juga menyampaikan apresiasi dan menyatakan kehadiran Alfamidi di Kota Tual sebagai upaya menumbuhkan ekonomi daerah dan masyarakat ditengah situasi pandemi Covid-19.

Adam lanjut mengungkapkan bahwa telah ada kesepakatan antara Pemerintah Kota Tual dan pihak Alfamidi untuk mendirikan sepuluh gerai Alfamidi di daerah itu.

"Pihak Alfamidi datang langsung kepada saya, saya respon cepat dan kita telah bersepakat untuk mengoperasikan 10 gerai Alfamidi di kota Tual," ujar Rahayaan.

Ia menambahkan, dengan respon cepat itu juga, PT Alfamidi kemudian melakukan perekrutan tenaga kerja dari putera puteri daerah.

"Saya sangat senang, satu titik gerai merekrut 10 orang. Itu berarti, kalau ada 10 titik sudah ada berapa orang yang bekerja di situ.  Tidak menutup kemungkinan, kedepan akan ditambah lagi. Ini berarti juga akan sangat membantu mengurangi pengangguran," ucap Adam.

Wali Kota menegaskan, setiap tahun lulusan sarjana semakin banyak. Kendati begitu, ketersediaan lapangan kerja minim. Oleh karenanya, kata dia, keberadaan Alfamidi memberi peluang kerja bagi putera-puteri daerah.

"Pengangguran dari waktu ke waktu semakin bertambah. Tadinya kita berharap lonceng eksport ikan di PT SIS dan PPN dumar dari sekian ratus kapal itu akan diisi putera daerah, namum masih ada masalah sehingga anak-anak kita belum bisa naik kapal," imbuh Rahayaan.

Seiring itu, Adam ungkap, pihaknya akan mengusulkan kepada DPRD untuk membangun BLK (Balai Pelatihan Kerja) di Kota Tual. BLK tersebut nantinya sebagai wahana untuk mendidik dan melatih putera-puteri daerah guna menjadi tenaga kerja handal.

"Saya usulkan kepada DPRD untuk segera membangun Balai Pelatihan Kerja di Tual. Dengan begitu, jika ada permintaan tenaga kerja, mereka yang dididik sudah bisa langsung dipekerjakan,” jelas dia.

Menurut Adam, kerjasama pihak swasta bekerja dengan pemerintah daerah sangat penting, karena mustahil jika pemerintah daerah bisa membangun suatu daerah itu sendiri.

"Kita akan terus mencari investor untuk berinvestasi di daerah ini, demi membangun kemajuan bersama," tutur Rahayaan.

Ia berharap keamanan di lingkungan gerai Alfamidi senantiasa dapat terjaga.

“Kepada warga, saya harapkan untuk saling menjaga keamanan dan ketertiban guna masa depan kita semua," pungkas Wali Kota Adam.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar