Marrin News

Tahun Ini, DLH Kota Tual Siapkan 30 Kontainer Sampah

Potret kontainer sampah. Sumber foto: istimewa

Penulis | Editor: Redaksi/Gerry Ngamel

TUAL, MARRINNEWS.com - Permasalahan sampah baik organik maupun nonorganik di wilayah Kota Tual masih belum dapat dikendalikan. Tiap hari masalah ini kian bertambah, belum lagi soal minimnya ketersediaan tempat pembuangan sementara (TPS) atau kontainer sampah.

Hal ini dikeluhkan salah satu warga Kota Tual dalam dialog interaktif selamat pagi evav melalui RRI Tual. Warga itu adalah Niko. Ia bermukim di kawasan Un Pantai.

Kata Niko, penempatan TPS sangat kurang di titik-titik rawan penumpukan sampah. Ia lantas berharap, Pemerintah Kota Tual dapat menyikapi hal tersebut.

“Kalau bisa tolong ditempatkan itu satu tempat pembuangan sementara di jalur pompa bensin. Karena di situ sangat buruk, membuat masyarakat yang melewati jalan itu merasa terganggu. Ada sampah, juga binatang ternak yang berkeliaran, maka kami usulkan agar ada satu TPS ditaruh pada titik tersebut,” ungkap Niko.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Tual Jamal Renhoat mengatakan, tahun ini pihaknya mengadakan 30 bak sampah, dan akan disebar pada titik-titik yang telah ditentukan.

“Tahun ini pengadaan 30 kontainer bak sampah, yang ukurannya tinggi, tidak dapat dijangkau oleh ternak baik kambing maupun hewan yang lain. Untuk jalur pompa bensin-Un itu memang sudah kami pilih jadi satu titik yang nanti kami tempatkan bak sampah dan satu lagi di sekitar SD dan satu lagi di daerah sekitarnya. Akan ditempatkan pada dua atau tiga bulan lagi karena saat ini sementara dilakukan pengadaan,” jelas Jamal.

Jamal harap, dengan adanya bak sampah yang baru, berukuran lebih tinggi dan besar, dalam beberapa bulan ke depan, masalah sampah di Tual bisa teratasi.

Ia juga menghimbau warga agar mematuhi waktu membuang sampah yang telah diumumkan, demi membantu kinerja pasukan kuning, dalam melakukan tugasnya membersihkan dan memperindah kota.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar