Marrin News

Ramadhan-Idul Fitri 2022, ASDP Tual Siapkan Tiga Armada

Potret aktivitas penyebrangan di Pelabuhan  Tual. Sumber foto: TribunMaluku.com

Kontributor: Jimmy
Editor: Gerry Ngamel

TUAL, MARRINNEWS.com - Manajemen Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (ASDP) Cabang Tual bakal menyiapkan tiga unit armada untuk mengantisipasi penumpukan penumpang saat Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 2022.

"Akan kita siapkan tiga kapal untuk melayani warga Kota Tual dan Maluku Tenggara yang hendak berpergian untuk menjalankan ibadah puasa hingga mudik Lebaran nanti,” kata Manager Usaha ASDP, Erwin kepada Marrinnews.com saat ditemui di ruang kerja Kantor ASDP Tual, Selasa (22/3/2022).

Adapun tiga unit armada yang disiapkan ASDP Ferry Indonesia Cabang Tual, yaitu KMP Erana, KMP Lobster, dan KMP Tanjung Madlahar.

Menurut Erwin, untuk KMP Tanjung Madlahar kini sementara docking di PT. Galangan Kapal Wayame di Ambon. Dan baru akan kembali beroperasi pada 27 Maret 2022. 

“Rencananya proses docking akan selesai tanggal 24 Maret 2022 dan tiba di lintasan pada 26 Maret 2022. Selanjutnya, sudah bisa beroperasi kembali di tanggal 27 Maret 2022," ujar dia.

Ia memastikan, ketiga armada tersebut akan siap melayani operasional penyebrangan di Pelabuhan Tual. “Bulan April nanti, tiga kapal ini sudah siap untuk melayani akses penyebrangan masyarakat Kota Tual dan Maluku Tenggara," kata Erwin.

Manager Usaha ASDP Cabang Tual, Erwin saat diwawancarai awak Marrinnews.com, Selasa (22/3/2022). Sumber foto: Jimmy

Terkait perubahan harga tiket, Erwin mengaku hingga kini belum ada penetapan. Oleh karena masih menunggu konfirmasi dari Pemerintah daerah.

Meski demikian, ia mengklaim, direncanakan tarif sebelumnya Rp18.000 per orang akan dinaikan menjadi Rp20.000 per orang.

"Harga tiket di Kota Tual belum mengalami perubahan. Kita masih menunggu tanda tangan wali kota. Nantinya tarif tiket kita naikan yang tadinya Rp18 ribu menjadi Rp20 ribu untuk satu orang. Kenaikan ini tidak terlalu signifikan," ujar Erwin.

Dia berharap Pemerintah segera mempercepat pembangunan pelabuhan fery di wilayah pulau-pulau, sehingga lebih memudahkan akses masyarakat.

"Kita berharap kiranya dipercepat karena selama ini kapal hanya bisa berlabuh. Tentu ini juga sangat menghambat aktivitas warga (penumpang, red) yang mengangkut barang,” pungkas Erwin.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar