Marrin News

Produk Lokal di Pameran Malra Hebat Raup Omzet Puluhan Juta Rupiah

Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun bersama Ketua Dekranasda Eva Elliya membentangkan kain batik, hasil produk IKM pada acara penutupan pameran produk lokal di Gedung Dekranasda Malra, Selasa (8/3/2022). Sumber foto: Gerry Ngamel

Kontributor | Penulis : Gerry Ngamel
Editor: Gerry Ngamel

Langgur, MARRINNEWS.com – Penyelenggaraan pameran produk lokal dan festival Pangan B2SA tahun 2022, di Gedung Dekranasda Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) resmi ditutup, Selasa (8/3/2022) sore.

Penutupan pameran bertema “Keiindahan Untuk Maluku Tenggara Hebat” ini ditandai dengan dengungan tipa yang dipukul oleh Sekda Malra Ahmad Yani Rahawarin, didampingi Ketua Dekranasda Eva Eliya Hanubun.

Sebelumnya, dilakukan penyerahan cendramata dari pelaku IKM berupa kain tenun khas Kei dan kain batik kepada Bupati Malra M Thaher Hanubun dan Ketua Dekranasda Eva Elliya Hanubun. Bersamaan dengan itu, diserahkan juga piagam penghargaan kepada dua perwakilan peserta pameran.


Ketua panitia pelaksana, A. R. Latar mengungkapkan, pameran yang berlangsung sejak Sabtu (5/3) hingga berakhir hari ini, dikunjungi oleh 373 pengunjung.

“Terdiri dari, 254 pimpinan OPD beserta staf dan 119 pengunjung lainnya berasal dari masyarakat umum,” ujar Latar dalam laporan panitia yang dibacakannya.

Lebih lanjut, Latar menyebut omzet penjualan produk UMKM yang dihasilkan selama pameran berlangsung senilai Rp46.375.000.

“Itulah besaran omzet yang berhasil dihimpun pelaku IKM selama pameran produk lokal, dari tanggal 5-8 Maret 2022,” kata dia.

Pelaku IKM, Evi Matruty mengaku bahagia bisa terlibat langsung dalam pameran kali ini. Ia pun menyampaikan apresiasinya, sembari berharap geliat pameran di Bumi Larvul Ngabal dapat berlanjut.

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih dengan adanya pameran ini. Kegiatan seperti ini sangat bagus karena melalui pameran, pelaku IKM di Maluku Tenggara bisa mempromosikan hasil karya-nya,” kata Evi.

Evi berharap juga, Pemerintah Daerah Malra dapat mendukung kelancaran usaha para pelaku IKM, dengan memberikan sumbangsih dana.

“Kiranya Pa Bupati bisa membantu kami dengan dana atau barang, misalnya rumah produksi,” cetus Evi.


Emus, Sang Pelukis Berbakat

Bupati Malra M. Thaher Hanubun menyampaikan kekagumannya terhadap karya-karya seni lukis milik si pelukis muda, Emus Larmawata.

Menurut Thaher, Emus adalah salah satu pelukis berbakat. Orang nomor satu Malra ini lantas berkata, akan memberikan paket hadiah liburan kepada Emus. Hadiah tersebut sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Daerah Malra atas karya-karya seni yang sudah ditampilkan Guru Matematika itu.

Emus Larmawata, merupakan salah satu peserta pameran produk lokal 2022, yang diselenggarakan di Gedung Dekranasda Malra. Selama pameran berlangsung, Emus menyuguhkan goresan-goresan seni nan indah. Atas partisipasinya, ia juga dianugerahi piagam penghargaan.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar