Marrin News

Pangdam Pattimura Puji Strategi Percepatan Vaksinasi di Malra Ala Bupati Thaher

Potret Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Richard TH Tampubolon saat meninjau proses vaksinasi Covid-19 di Gedung Serbaguna Larvul Ngabal Langgur-Kabupaten Maluku Tenggara, Jumat (11/3/2022). Sumber foto: Pry

Kontributor | Penulis: Gerry Ngamel
Editor: Gerry Ngamel

Langgur, MARRINNEWS.com – Kinerja Bupati Maluku Tenggara, Muhammad Thaher Hanubun bersama jajaran pemerintahannya dalam upaya percepatan program vaksinasi Covid-19 di daerah itu, menuai pujian dari Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Richard TH Tampubolon.

Bagaimana tidak, demi mencapai target program vaksinasi dosis satu pada akhir Desember 2021 kemarin, Bupati Thaher menerapkan berbagai strategi dan kebijakan. Salah satu kebijakan, yakni mewajibkan setiap OPD mendapatkan 1000 peserta vaksinasi, baik untuk dosis satu maupun dosis dua. Apabila ketentuan itu tidak dijalankan, setiap OPD akan diberikan sanksi.

Tak sampai disitu, Bupati Thaher juga membentuk Tim Kreatif Percepatan Vaksinasi. Tim ini kemudian bersama Bupati dan Dinas Kesehatan mengkolaborasi strategi-strategi super.

Adapun strategi super yang sudah dan akan kembali dilakukan untuk capaian target sasaran dosis dua, yakni melaksanakan edukasi dan vaksinasi via door to door (dari desa ke desa, baik di wilayah pulau-pulau maupun daratan), gebyar vaksinasi berhadiah, pemberian sembako dan makanan gratis bagi setiap peserta vaksinasi, hingga menghadirkan artis ibukota Maluku untuk memberikan hiburan selama vaksinasi berlangsung.

Menurut Pangdam, kebijakan “wajib 1000 peserta vaksinasi” sangat efektif, karena terbukti dapat memicu semangat pimpinan hingga jajaran OPD untuk bekerjasama menggenjot capaian target sasaran vaksinasi. Sementara disisi strategi edukasi hingga gebyar vaksinasi berhadiah, berhasil memicu respon masyarakat untuk mau disuntik dosis vaksin.

Mayjen Richard lantas menyebut strategi dan kebijakan yang diusung Bupati Thaher Hanubun tersebut sebagai sesuatu yang sangat luar biasa.

“Saya lihat strategi-strategi yang ada ini sungguh luar biasa. Tentunya bahwa ini adalah kunci sehingga target program vaksinasi dosis satu di Maluku Tenggara bisa tercapai,” ungkap Mayjen Richard saat meninjau langsung proses vaksinasi Covid-19 di Gedung Serbaguna Larvul Ngabal Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara, Jumat (11/3/2022).

Tak bisa dipungkiri, lanjut kata Pangdam bahwa dalam upaya percepatan target vaksinasi, Pemkab Malra tentu diperhadapkan pada berbagai kendala, baik soal geografis wilayah maupun respon masyarakat

Kendala-kendala tersebut lantas menuntut Pemerintah daerah setempat bekerja ekstra untuk memberikan edukasi dan sosialisasi secara berkelanjutan, disertai pula kebijakan dan strategi yang efektif demi pencapaian program tersebut.

“Syukur Alhamdulilah. Melalui edukasi dan strategi serta komitmen, ketekunan dan kesabaran, lambat laun masyarakat mulai terbuka dan mau menerima suntikan vaksin. Hal ini yang menjadikan capaian target 70 persen vaksinasi dosis satu di Maluku Tenggara, terpenuhi,” ujar Tampubolon.

Ia pun berharap pencapaian target sasaran vaksinasi menjadi pijakan untuk bisa mencapai program pemulihan ekonomi di Maluku Tenggara.

Strategi yang Patut Diadopsi

Pangdam mengungkapkan, setiap daerah tentu memiliki dinamika tersendiri, baik karena pengaruh geografis, budaya ataupun SDM. Hanya saja, menurut dia bahwa desain untuk bagaimana mencapai target vaksinasi melalui konsep dan strategi, sebagaimana yang diterapkan di Kabupaten Maluku Tenggara, patut untuk diadopsi daerah lain di Maluku.

“Ini contoh konsep dan strategi yang patut diadopsi, nantinya disesuaikan dengan kondisi dan kendala di daerah masing-masing. Top, keren,” cetus Mayjen Richard.

Kebersamaan jadi Kekuatan

Progres pencapaian target vaksinasi di daerah berjuluk Larvul Ngabal ini, juga tak terlepas dari koordinasi dan kerjasama serta kebersamaan yang terbangun baik antara Bupati bersama jajaran pimpinan dan staf OPD, begitu pula dengan pihak TNI/Polri serta elemen masyarakat lainnya.

Mayjen Richard pun menegaskan, potret kerjasama dan kebersamaan antar elemen di Malra adalah kekuatan untuk mewujudkan tujuan program vaksinasi.

Hal ini, kata dia, sebagaimana landasan filsofi hidup masyarakat Kei ‘It foeng fo kut, it faf fo banglu’, yang artinya 'kita terjalin menjadi satu dan kuat untuk mewujudkan suatu tujuan yang telah ditentukan demi kepentingan bersama'.

“Kebersamaan adalah kekuatan kita semua. Saya yakin dan percaya, Maluku Tenggara dengan kebersamaan menjadi kekuatan, dimana pasca pandemi Covid-19 ini cita-cita dan kerja keras kita untuk mencapai pemulihan ekonomi nasional, khususnya di wilayah Kabupaten Maluku Tenggara akan tercapai. Dan semoga masyarakat aman, kondusif, sehat dan sejahtera kedepan,” imbuh Mayjen Richard.

Pangdam kembali mengutarakan kekagumannya terhadap pelayanan Pemerintah daerah Malra, begitu juga kinerja yang telah ditunjukan Bupati Thaher Hanubun.

 “Terima kasih Pa Bupati, saya merasa sangat bahagia. Ini merupakan kenangan luar biasa, dan saya pun menjadi semangat untuk terus mengabdi, dan belajar dari Pa Bupati ‘Tanggalkan pangkat, kerja dilapangan, bahu membahu, kebersamaan adalah kekuatan kita semua',” ucap Tampubolon.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar