Marrin News

Malra Kirim 44 Kafilah pada MTQ XXIX Maluku di Saumlaki

Penyerahan panji lambang daerah dari Ketua LPTQ Maluku Tenggara A Yani Rahawarin (kiri) kepada Ketua Kontingen M Tukloy (kanan). Acara dipusatkan di Aula Kantor Bupati Malra, Senin (14/3/2022). Sumber foto: Gerry Ngamel. 

Kontributor | Penulis: Gerry Ngamel
Editor: Gerry Ngamel

Langgur, MARRINNEWS.com – Bupati Maluku Tenggara (Malra), Muhammad Thaher Hanubun telah melepas keberangkatan Kafilah Maluku Tenggara untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXIX Tingkat Provinsi Maluku 2022 di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar. MTQ dijadwalkan berlangsung pada 18-24 Maret 2022.

Acara pelepasan kontingen Malra digelar di Aula Kantor Bupati setempat, jalan Abraham Koedoeboen Langgur, Senin (14/3/2022) pagi. Ditandai dengan penyerahan panji lambang daerah dari Bupati Thaher kepada Ketua LPTQ Ahmad Yani Rahawarin, selanjutnya diserahkan kepada Ketua Kontingen Muhammad Tukloy.

Dalam sambutannya, Thaher memberikan semangat kepada Kafilah yang akan berkompetisi pada ajang MTQ XXIX. Ia yakin Kafilah yang sudah didaulat untuk mewakili Maluku Tenggara bisa menampilkan yang terbaik.

“Saya yakin dan percaya, Qori dan Qoriah yang diberangkatan memiliki potensi besar. Pemerintah daerah dan masyarakat Malra menaruh kepercayaan dan harapan besar kepada anak, cucu sekalian untuk memberikan prestasi terbaik,” cetus Bupati.

Thaher mengaku kagum terhadap prestasi Qori dan Qoriah Malra dalam setiap ajang MTQ tingkat Provinsi. Bupati mengklaim Kabupaten Malra sebagai salah satu kabupaten terbaik di Maluku yang memiliki prestasi dalam ajang MTQ.

“Tidak asing bagi Maluku Tenggara, Kei untuk merengkuh juara umum ataupun cabang mata lomba. Hal ini, tentu akan menjadi pijakan dan motivasi kuat bagi para Kafilah untuk menampilkan dan mempersembahkan prestasi terbaik pada MTQ kali ini,” ujar Thaher.

Ia pun mengajak para Kafilah, tim Official, pelatih dan pembina untuk bersama-sama berjuang dan membuktikan bahwa Maluku Tenggara merupakan kota yang memiliki banyak talenta pembaca Ayat Suci Al Quran.

“Berusahalah untuk melakukan yang terbaik untuk agama, daerah, bangsa dan negara. Saya harap agar semua perbedaan dihilangkan, arahkan konsentrasi untuk meraih prestasi. Tentunya dengan cara-cara yang elegan,” imbuh dia.

“Insya Allah, pada MTQ nasional nanti, ada nama Maluku Tenggara yang ikut mewakili Maluku,” tandas Thaher.

Ketua Kontingen, Muhammad Tukloy menyebut pada MTQ Maluku kali ini, Pemerintah daerah mengirim 44 Kafilah.

Dari jumlah tersebut, Kafilah Malra akan mengikuti tujuh cabang perlombaan, yakni Tilawah Al Qur’an putera-puteri (14 peserta), Syahril Al-Qur’an putera-puteri (6 peserta), Khat Al-Qur’an putera-puteri (7 peserta), Karya KTIQ putera-puteri (2 peserta), Hifzil Qur’an putera-puteri (8 peserta), Fahmil Qur’an putera-puteri (6 peserta. Dan Tafsir Qur’an putera (1 peserta).

Selain itu, terdapat 114 orang diikutsertakan dalam kontingen Maluku Tenggara. Terdiri dari Pelatih, Official, tenaga medis, Pengurus LPTQ, tokoh Agama, para Raja, unsur Pemerintah daerah, dan unsur Kementerian Agama.

“Dengan demikian, jumlah keseluruhan kontingen Malra untuk mengikuti MTQ ke XXIX sebanyak 158 orang,” ungkap Tukloy.

Sesuai rencana, kontingen Kabupaten Malra akan diberangkatkan pada Selasa, 15 Maret 2022 pukul 08.00 WIT, dengan menumpangi KM. Bahtera Nusantara.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar