Marrin News

Kadis DLH: Penanganan Sampah di Kota Tual "Tanggung Jawab Bersama"

Sampah berserakan di salah satu ruas jalan di wilayah Kota Tual. Sumber foto: TA

Kontributor : Jimmy
Editor : Gerry Ngamel

TUAL, MARRINNEWS.com – Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Tual, Jamal Renhoat menyatakan penanganan sampah di wilayah Kota Tual menjadi tanggung jawab bersama elemen masyarakat  dan pemerintah.

Menurut Jamal, sejauh ini warga masih kurang tertib dalam hal membuang sampah. Oleh karena itu, dibutuhkan kerjasama dengan warga agar sadar untuk kembali tertib membuang sampah sesuai waktu yang ditetapkan pemerintah.

Jamal menjamin, kebersihan kota akan senantiasa terjaga. Walau begitu, perlu ada komitmen bersama.

“Tentunya kita bekerja sama, kolaborasi dengan warga, membangun komitmen bersama. Kalau warga buang sampah pada malam hari, sudah barang tentu pada siang hari TPS akan bersih dan kita jamin kota Tual akan bersih," ujar Renhoat kepada wartawan, baru-baru ini di Tual.

Jamal menyebut, DLHK Kota Tual memiliki 9 unit armada pengangkut sampah. Armada-armada tersebut beroperasi pada malam hari, mulai dari pukul 19.00 hingga 24.00 WIT.

“Jika warga buang sampah di malam hari, jangan lagi buang di siang hari karena pada siang hari, armada DLH tidak mengangkut sampah itu," tegas dia.

Jamal mengaku, pihaknya selama ini belum maksimal dalam memberikan sosialisasi kepada warga. Lantas, kata dia, hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi pihak DLHK.

“Kendala kita di lapangan ialah kurangnya pemahaman warga terhadap sampah itu sendiri. Hal ini juga karena kita belum maksimal dalam memberi sosialisasi," imbuhnya.

Ia menambahkan, terdapat 159 tempat pembuangan sementara (TPS) resmi di Kota Tual. Ke-159 TPS tersebut tersebar dari Desa Fiditan hingga wilayah UN dan Desa Taar.

"Sekarang ini kami melayani sampai ke wilayah Taar dan UN. Untuk wilayah UN, hanya sampai di Polres Tual saja," jelas Jamal.

Selanjutnya terkait petugas, menurut Jamal, pihaknya telah menempatkan semua petugas kebersihan di semua desa di Kota Tual, terkecuali di Pulau Dullah Laut dan Pulau Ut.

"Semua desa telah kita tempatkan petugas kebersihan. Hanya dua wilayah itu saja yang belum,” tandas Renhoat.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar