Marrin News

Forum OPD Diskominfo Promal di Malra, Prioritaskan Tiga Sasaran Bidang

Penyerahan cenderamata dari Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun kepada Kepala Dinas Kominfo Provinsi Maluku pada acara pembukaan Forum OPD Dinas Kominfo Provinsi Maluku, di Aula Kantor Bupati Malra, Rabu (23/3/2022). Sumber foto: Gerry Ngamel

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

Langgur, MARRINNEWS.com – Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) menjadi tuan rumah penyelenggara Forum OPD Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Maluku tahun 2022. Kegiatan ini berpusat di Aula Kantor Bupati Malra, jalan Abraham Koedoeboen Langgur.

Bupati Malra Muhammad Thaher Hanubun hadir dan membuka secara resmi Forum OPD Diskominfo se Provinsi Maluku (Promal) itu, Selasa (23/3/2022) pagi. Ia didampingi Kepala Dinas Kominfo Provinsi Maluku Titus F. L. Renwarin, Perwakilan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) RI Zenal Suhardono dan Sofi Risqi Yulian Saputra, serta Kepala Dinas Kominfo Malra Walken Raharusun.

Adapun kegiatan berlangsung selama dua hari, dimulai tanggal 23-24 Maret 2022, dan diikuti oleh para Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se-Provinsi Maluku.

Forum ini menghadirkan nara sumber dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) RI, Zenal Suhardono dan Sofi Risqi Yulian Saputra. Kedua nara sumber membahas seputar implementasi dan praktek implementasi tanda tangan elektronik

Turut juga, Kepala Dinas Kominfo Promal Titus Renwarin dan unsur Bappeda Promal Siti Nurbaya Laitupa yang membahas soal arah kebijakan perencanaan pembangunan daerah dibidang komunikasi dan informatika Provinsi Maluku Tahun 2023.

Forum OPD Dinas Kominfo Provinsi Maluku tahun 2022 mengusung tema 'Sinergitas Dinas Kominfo Menuju Perwujudan Sasaran Daerah Di Bidang Komunikasi, Persandian, dan Statistik’.

Seiring tema, Titus Renwarin menegaskan keberadaan Dinas Kominfo sebagai perangkat pemerintahan adalah mengendalikan urusan komunikasi publik, persandian dan statistik.

Ia mengatakan, derap langkah Diskominfo kedepan harus bertumpu pada tiga urusan tersebut. “Melalui forum kali ini diharapkan 11 Dinas Kominfo se Maluku bisa menyatukan presepsi dan bersinergi mewujudkan sasaran daerah di bidang komunikasi, persandian dan statistik,” ujar Titus dalam laporannya.

Sementara itu, Titus menyampaikan pesan Gubernur Maluku Murad Ismail. Pertama, Gubernur mengingatkan Dinas Kominfo untuk melakukan pengembangan jaringan internet ke seluruh wilayah Maluku yang dirasa belum memadai, terutama di daerah pelosok atau terpencil.

Kedua, mengembangkan sistem pemerintahan berbasis elektronik, maturitas dan penanganan insedan dalam rangka pengamanan informasi. Terkait hal ini, kata Titus, Gubernur menghendaki adanya pengembangan lebih lanjut.

Ketiga, pembangunan sistem satu data Indonesia Maluku. Keempat, pengembangan sinergitas pemerintah dengan masyarakat melalui keterbukaan informasi dan komunikasi publik.

Tuan Rumah Malra

Lebih lanjut, Titus mengatakan, kesediaan Kabupaten Maluku Tenggara menjadi tuan rumah pelaksana Forum OPD Dinas Kominfo Promal 2022 berdasarkan ketetapan forum rapat kerja OPD Dinas Kominfo tahun 2021.

“Iya, jadi pada forum OPD tahun kemarin menetapkan Maluku Tenggara sebagai tuan rumah. Nanti dari rapat hari ini barulah ditentukan lagi kabupaten/kota mana yang menjadi tuan rumah forum tahun 2023,” ujar Titus kepada wartawan di Langgur, Rabu (23/3/2022).

Renwarin menilai, sambutan yang diberikan Maluku Tenggara sangatlah luar biasa. “Terima kasih Pa Bupati dan seluruh jajaran Diskominfo Malra atas penyambutan hingga penyelenggaraan Forum OPD Dinas Kominfo tingkat Provinsi Maluku di Maluku Tenggara,” ucap dia.

Bupati Malra, M Thaher Hanubun menyambut baik gelaran forum Dinas Kominfo Provinsi Maluku tahun 2022 di Langgur, Bumi Larvul Ngabal. Tak luput, Ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Gubernur dan Kadis Kominfo Maluku.

“Kami Pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara merasa terhormat karena dipercayakan menjadi tuan rumah pelaksanaan Forum OPD Diskominfo Tingkat Provinsi Maluku. Saya selalu mensyukuri apapun itu, dan kalau masih diperkenankan kegiatan lainnya bisa dilakukan saja disini,” ujar Thaher dalam sambutannya.

“Kami akan senantiasa membuka diri dan berupaya untuk menjadi tuan rumah yang baik. Memastikan bahwa seluruh tamu yang datang merasa nyaman dan terlayani secara baik,” tambah dia.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar