Marrin News

Capaian Vaksinasi Anak Dosis I di Tual Baru 13,41 Persen

Pelaksanaan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun di Kota Tual. Sumber foto: Suaradamai.com

Penulis | Editor: Redaksi/Gerry Ngamel

TUAL, MARRINNEWS.com - Pemerintah Kota Tual berencana menuntaskan target vaksinasi Covid-19 terhadap anak usia di bawah 12 tahun.

Berdasarkan data yang dihimpun Marrinnews.com, terhitung hingga 11 Maret 2022 capaian vaksinasi dosis satu untuk anak usia 6-11 tahun di Kota Tual menyentuh angka 13,41 persen atau 1.153 orang dari target sasaran sebanyak 8.601 orang.

Sedangkan untuk dosis dua baru mencapai 0,52 persen atau 45 orang. Vaksinasi anak ini menyasar siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) atau sederajat.

Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kota Tual Nurhamsa Mandak mengatakan, program vaksinasi Covid-19 untuk anak baru dimulai akhir tahun lalu.

Seiring itu, Mandak menyatakan Pemerintah Kota Tual bersama seluruh elemen tengah berupaya untuk memaksimalkan layanan vaksinasi anak di daerah itu.

Mandak menekankan, vaksinasi untuk anak bukan sekadar membentuk antibodi atau kekebalan tubuh pada anak, tetapi lebih dari itu yakni memberikan perlindungan pada anak di lingkungan publik, seperti sekolah.

“Kita semua tahu bahwa anak kecil saat bermain tidak bisa diharapkan untuk menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar, maka vaksinasi sangat penting,” ujar Mandak kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (11/3/2022).

Ia menyebutkan, “Manfaat dari vaksinasi itu yang pertama merangsang sistem kekebalan tubuh pada anak itu. Yang kedua, mengurangi resiko penularan terhadap tubuh dan temannya, dan yang ketiga mengurangi dampak berat dari virus itu sendiri,”.

Mandak berharap agar masyarakat khususnya orang tua, tidak perlu takut. Vaksin untuk anak aman dan halal.

“Sebelum divaksin pun harus ada pemeriksaan lengkap pada riwayat kesehatan anak dan kondisi anak saat hendak divaksin. Ini untuk menentukan apakah bisa divaksin atau tidak,” tutup Nurhamsa.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar