Marrin News

Thaher Harap Pelatihan Personil Satlinmas se-Kecamatan KKT Hasilkan Pelopor yang Patriotik

Bupati Malra M. Thaher Hanubun memabawakan sambutan pada kegiatan Pelatihan Dasar Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) se-Kecamatan Kei Kecil Timur di kantor kecamatan setempat, di Ohoi (Desa) Rumat, Rabu (2/2/2022). Sumber foto: Labes Remetwa

Penulis | Editor: Gerry Ngamel

Langgur, MARRINNEWS.com Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun, pada Rabu (2/2/2022) menghadiri dan membuka secara resmi pelatihan dasar personil Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) se-Kecamatan Kei Kecil Timur. Adapun kegiatan berlangsung di kantor kecamatan setempat, di Ohoi (Desa) Rumat.

Kegiatan pelatihan tersebut diawali dengan upacara pembukaan. Bupati Malra bertindak selaku inspektur upacara. Sementara peserta upacara terdiri atas Satlinmas dari 18 ohoi di kecamatan tersebut.

Turut hadir dalam upacara, para asisten dan staf ahli bupati, sejumlah pimpinan OPD, pihak kecamatan, dan para kepala ohoi se-kecamatan setempat.

Pelaksanaan pelatihan dasar ini merupakan prakarsa Camat Kei Kecil Timur Abas A. Renwarin. Ia bekerja sama dengan seluruh kepala ohoi, memfasilitasi pelatihan tersebut dengan menggunakan dana desa.

Dalam laporan panitia penyelenggara, menjelaskan bahwa Latsar bertujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pembentukan sikap dan perilaku anggota Satlinmas atau yang juga dikenal sebagai Pertahanan Sipil (Hansip) itu.

Kemudian, meningkatkan kemampuan Satlinmas dalam melaksanakan tugas membantu penanggulangan bencana, keamanan, dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan, penanganan ketentraman, ketertiban, dan keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pemilukada, serta upaya pertahanan negara.

Latsar akan berlangsung selama tiga hari, 2-4 Februari. Sebanyak 54 peserta anggota Satlinmas yang terdiri atas masing-masing tiga personil dari 18 ohoi, akan mendapat pelatihan baris-berbaris, pengendalian huru-hara, dan diskusi dan tanya jawab.

Adapun narasumber berasal dari Satpol-PP, Camat Kei Kecil Timur, Kapolsek Kei Kecil Timur, Danramil 1503-01, dan Bintara Pembina Angkasa (Babinsa) dari TNI-AU.

Melalui amanatnya, Bupati Thaher menyampaikan bahwa pelatihan dasar ini adalah wujud dari komitmen untuk mewujudkan suasana kehidupan masyarakat yang aman dan tertib.

“Ini merupakan prasyarat untuk kelancaran penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, dan pelayanan publik di Kabupaten Maluku Tenggara,” kata Bupati.

Bupati harap, melalui pelatihan dasar ini dapat menghasilkan kader dan pelopor penegakan disiplin yang senantiasa dijiwai oleh semangat nasionalisme dan patriotik.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar