Marrin News

Perumda Maren Satu-satunya di Wilayah Maluku masuk Kategori Sehat, Ini Penjelasan Direktur

Direktur Perumda Maren Ny Maria O Farfar, ST

Oleh : Iwan Kalengkongan

TUAL, MARRINnews.com.- Perusahan Air Minum Daerah (Perumda) Maren Kota Tual Berdasarkan Buku Kinerja BUMD Air Minum Tahun 2021 pada skala Nasional mendapat predikat kinerja Baik, peringkat 193 dari 388 BUMD Air Minum, Peringkat 20 dari 54 BUMD Wilayah IV dan satu-satunya BUMD Air Minum di Wilayah Maluku masuk Kategori Sehat patut diapresiasi.

Berikut wawancara eksklusif bersama Direktur Perumda Maren Maria Oktavina Farfar, ST di Kantor Perumda Maren, Rabu (16/02/2022). 

Terkait predikat tersebut apa yang mau disampaikan ibu dir? 

Pertama selaku Direktur saya mau menyampaikan terima kasih kepada pegawai serta seluruh staf karena predikat tersebut merupakan hasil kerja keras dari seluruh Tim. 

Kedua capaian ini tidak terlepas dari peran serta seluruh elemen perusahaan baik KPM yg terhormat Bapak walikota Tual atas kepercayaan yg diberikan, Dewan Pengawas, hasil dukungan fasilitasi yang diberikan Pemerintah Pusat, Pemerintah Kota Tual, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Tual, Stakeholder Eksternal. 

Bagaimana mekanisme penilaian dan dari instansi mana? 

Melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) untuk meningkatkan layanan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) melalui Direktorat Air Minum, Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya menerbitkan Buku Kinerja BUMD Air Minum 2021 pada 14 Februari 2022 lalu. 

Nah itu yang kemudian menjadi referensi guna mengukur baik itu tingkat kinerja manajemen, efisiensi, dan efektivitas pengelolaan layanan air minum Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Perumda Maren selaku penyelenggara air minum di bawah Pemerintah Daerah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya untuk memenuhi kualitas, kuantitas, kontinuitas dalam pelayanan air minum bagi masyarakat sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam rangka mencapai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024 antara lain 100% BUMD Air Minum Sehat.

Lanjut Direktur, Penilaian kinerja BUMD Air Minum dilakukan dengan metode Balance Scored Card dengan menerapkan prinsip skor berimbang yang mempertimbangkan karakteristik masing-masing BUMD Air Minum. 

Terkait Penilaian sambungnya Penilaian kinerja BUMD Air Minum menggunakan 18 (delapan belas) indikator yang terbagi atas 4 (empat) aspek, yaitu aspek keuangan, aspek pelayanan, aspek operasional, dan aspek sumber daya manusia. Dimana bobot pada aspek keuangan adalah sebesar 25%, aspek pelayanan sebesar 25%, aspek operasional sebesar 35%, dan pada bobot aspek sumber daya manusia sebesar 15%. Pada aspek operasional menurutnya diberikan bobot 35%, yaitu lebih tinggi dibandingkan aspek lainnya berdasarkan metode Analitycal Hierarchy Process.

Dijelaskannya hasil penilaian 4 (empat) aspek tersebut dikelompokkan dalam 3 (tiga) kategori kinerja BUMD Air Minum yaitu: 
1. Sehat, dengan nilai kinerja lebih dari 2,8. 
2. Kurang Sehat, dengan nilai kinerja 2,2 sampai dengan 2,8. 
3. Sakit, dengan nilai kinerja kurang dari 2,2.

Hasil penilaian untuk Perumda Maren sendiri bisa dijelaskan? 

Pada tahun 2021 jumlah BUMD Air Minum yang dapat dievaluasi adalah 388 BUMD Air Minum termasuk Perumda Maren. Dimana terdapat 13 BUMD Air Minum yang tidak dapat dievaluasi karena sudah tidak beroperasi/tidak aktif (4 BUMD Air Minum), berubah menjadi UPTD (3 BUMD Air Minum), bergabung dengan BUMD Air Minum lainnya (1 BUMD Air Minum) dan belum menyusun laporan keuangan dan laporan teknis (5 BUMD Air Minum).

Maka Perumda Maren Kota Tual Berdasarkan Buku Kinerja BUMD Air Minum 2021 pada skala Nasional Kinerja Baik peringkat 193 dari 388 BUMD Air Minum, Peringakat 20 dari 54 BUMD Wilayah IV dan satu-satunya BUMD Air Minum di Wilayah Maluku masuk Kategori Sehat.

Alhamdulillah, Tentu semuanya itu berkat kerja keras dan bantuan dari semua pihak dimana dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, Perumda Maren terus berupaya memperbaiki kinerja dan mutu pelayanan, dengan predikat kinerja Sehat semoga terus berkelanjutan.
Perumda Maren Kota Tual mewakili Provinsi Maluku mendapat predikat berkinerja SEHAT. 


Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar