Marrin News

PDAM Kota Tual Akan Terapkan Meteran Digital

Direktur Utama PDAM Kota Tual, Ria Farfar saat mengikuti kegiatan reses salah satu Anggota DPRD di wilayah Kota Tual, Jumat (25/2/2022). Sumber foto: Jimmy

Kontributor: Jimmy
Editor: Gerry Ngamel

TUAL, MARRINNEWS.com - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Tual akan segera menerapkan sistem meteran digital (meteran pulsa) untuk konsumen pengguna air minum di wilayah setempat. Terobosan ini dilakukan sebagai bentuk peningkatan pelayanan bagi warga dalam memenuhi kebutuhan air.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama PDAM Kota Tual Ria Farfar, disela-sela kegiatan reses Anggota DPRD Tual, Jumat (25/2/2022) sore.

"Nantinya PDAM Kota Tual tidak lagi menggunakan metode pembayaran meteran air lama, tetapi memakai sistim token (meteran pulsa, red) untuk mengaliri air," ujar Ria.

Ria mengklaim, penerapan tarif air prabayar di wilayah Kota Tual adalah pilihan tepat untuk warga. Sebab, menurut dia, banyak manfaat yang diterima pelanggan dengan sistem air prabayar. Salah satunya, warga tidak akan merasa dirugikan karena pembayaran yang dilakukan disesuaikan dengan jumlah air yang digunakan.

Ia menjelaskan, teknologi ini tidak jauh beda dengan pembayaran listrik prabayar. Kuncinya adalah pembayaran dilakukan didepan dan penggunaan disesuaikan dengan nominal yang ada.

“Jadi, setiap warga (pelanggan, red) yang mau airnya mengalir maka harus isi pulsa pada meterannya, barulah air bisa mengalir. Tentunya, sistem ini akan sangat mempermudah warga dalam pembayaran," terang Farfar.

Sebagai langkah awal, ungkap Ria, pemberlakuan sistem air prabayar ini akan diterapkan di wilayah Kecamatan Dullah Selatan.

“Kecamatan Dullah Selatan akan menjadi wilayah percontohan. Sehingga kita (pihak PDAM, red) akan fokus menyiapkan token air untuk warga di kecamatan ini lebih dulu, barulah ke kecamatan lainnya," kata Farfar.

Dia menegaskan, pihaknya akan selalu mengedepankan pemenuhan layanan kebutuhan air bagi warga kota Tual.

"Kita menargetkan kebutuhan warga kota Tual dapat terpenuhi. Apabila ada warga yang mempunyai masalah dengan ledeng airnya, silahkan hubungi kami, nanti petugas akan menanganinya," tandas Farfar.

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar