Marrin News

Diskominfo Malra Fokus Kembangkan Inovasi Siaran Digital

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Maluku Tenggara, Walken Raharusun. Sumber foto: Dok. Marrinnews.com

Kontributor | Penulis : Gerry Ngamel
Editor : Gerry Ngamel

Langgur, MARRINNEWS.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Maluku Tenggara (Malra) terus berbenah dan melakukan pengembangan inovasi sistem siaran informasi dan komunikasi digital dan menyebarluaskan narasi  mengenai program kegiatan, capaian serta kebijakan pemerintah daerah.

Kepala Diskominfo Malra Walken Raharusun mengatakan, siaran informasi dan komunikasi digital mengenai program kegiatan dan arah kebijakan pemerintah menjadi tantangan tersendiri bagi pihaknya.

Oleh karena, kata Walken, sejauh mana sasaran penyiaran informasi dan komunikasi harus dapat berdayaguna kepada publik dalam pemerintahan maupun masyarakat umum.

Menegaskan kembali arahan Bupati Muhammad Thaher Hanubun, Walken menyatakan fungsi strategis Diskominfo bukan sekadar mempublikasikan serta menyebarluaskan informasi program kegiatan pemerintahan.

Tetapi, kata Walken melanjutkan, Diskominfo harus mampu mengembangkan inovasi siaran digital yang persuasif, komunikatif dan komprehensif mengenai aktivitas pemerintahan maupun progres-progres pembangunan daerah. Begitu juga sebaliknya, mampu menghadirkan aspirasi masyarakat sehingga dapat menjadi dasar penentu kebijakan pemerintah dalam menjalankan setiap program dan kegiatan.

“Sesuai dengan arahan Pa Bupati, maka Diskominfo akan lebih memaksimalkan fungsi strategis dalam hal publikasi program dan kegiatan pemerintah daerah,” ujar Walken saat ditemui Wartawan di ruang kerja kantor Diskomnfo Malra, Jumat (25/2/2022).

Guna mengoptimalkan fungsi Diskominfo, Walken ungkap bahwa pada tahun 2022 ini pihak Diskominfo akan fokus pada pengembangan siaran (publikasi) informasi dan komunikasi, sembari juga telah menyiapkan beberapa inovasi program siaran digital.

“Dalam tahun 2022 ini, kita fokus pada inovasi-inovasi baru dalam hal publikasi, selain memang flayer-flayer tetap akan kita jalankan. Inovasi-inovasi tersebut dalam rangka mengefektifkan berbagai program publikasi, baik kegiatan pemerintahan maupun progres-progres pembangunan daerah,” kata Kenny, sapaan akrab Kadis Kominfo Malra.

“Terutama menjelang tahun 2023 sebagai tahun terakhir periodisasi pertama kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati, kami tentu akan fokus pada bagaimana mempublikasikan capaian-capaian RPJMD yang diusung pemerintah daerah,” tambah dia.

Podcast

Salah satu program inovasi yang menjadi fokus Diskominfo Malra, yang akan diluncurkan dalam waktu dekat adalah program Podcast.

Kenny mengatakan bahwa melalui program podcast ini akan menghadirkan berbagai tokoh, baik di lingkup pemerintahan maupun tokoh-tokoh masyarakat.

“Di lingkup pemerintahan, misalnya seperti Bupati, Wakil Bupati, Sekda dan Pimpinan OPD. Kehadiran tokoh-tokoh ini untuk menjelaskan program dan kegiatan pemerintahan serta target capaian dari masing-masing OPD. Sementara dari sisi tokoh masyarakat, untuk memberikan penilaian, saran dan masukan terhadap program dan kegiatan pemerintah daerah,” jelas mantan Kabag Humas dan Protokoler Malra itu.

Kenny menyatakan, keberadaan podcast  diharapkan dapat menjadi sarana penyampaian aspirasi masyarakat, sekaligus referensi kepada tiap pimpinan OPD dan Bupati dalam rangka mengoptimalkan kinerja serta menjadi dasar penentu suatu kebijakan.

Berita/Bulettin dan Dokumenter

Selain podcast, ia menyebut ada juga program berita atau bulettin. Program ini akan menyajikan berita aktual dan terkini seputar aktivitas dan program kegiatan pemerintahan daerah Maluku Tenggara.

“Untuk sementara kami masih mencari nama yang tepat untuk profil program berita ini. Kemungkinan, nama yang digunakan lebih pada unsur kearifan lokal Kei,” ujar Raharusun.

Kenny tak menampik jika nantinya program ini sudah berjalan, pihaknya akan melibatkan kerjasama dengan insan Pers.

Meski begitu, ia tegaskan bahwa kualifikasi dalam pemberitaan nanti haruslah sesuai standar yang ditetapkan Diskominfo, dengan tetap mengedepankan etika jurnalistik, tata bahasa penulisan hingga objek visual berita.

“Kita akan upayakan untuk bekerjasama dengan Insan Pers. Tapi tentu dengan bobot dan standar berita yang kami tentukan,” ucap Raharusun.

Kemudian, ada juga program video dokumenter. Kenny menjelaskan, program ini bertujuan untuk menampilkan kembali capaian program pemerintah diberbagai sektor. Baik, sektor telekomunikasi dan informasi, termasuk juga sektor perikanan, pertanian, pariwisata dan lainnya di sepanjang 5 tahun.

“Akan kita upayakan semaksimal mungkin program dokumenter ini,” tutup Walken. 

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar