Marrin News

APBD 2022 Belum Juga Ditetapkan DPRD, FORDEFA Desak Rotasi OPD dan Copot Sekda Fakfak

Marrin news
Tampak salah satu orator Forum independen Pengawal Pembangunan Kabupaten Fakfak (FORDEFA) saat berorasi dihalaman Kantor Bupati Fakfak, Rabu (2/2/2022). 


Penulis / Editor : Alfonzo Kalengkongan

FAKFAK, MARRINnews.com.- Entah apa yang menjadi kendala sehingga Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Fakfak hingga kini belum juga ditetapkan oleh DPRD yang konon katanya mewakili rakyat itu. 

Padahal walaupun terlambat, diketahui Rancangan Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (KUA) Tahun Anggaran 2022 sebagai arahan kebijakan umum di bidang pendapatan, belanja, dan pembiayaan serta pedoman dalam penyusunan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) dalam rangka penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Pemerintah Kabupaten Fakfak telah diserahkan sejak Januari 2022 lalu.

Atas kondisi tersebut massa aksi yang menamakan dirinya Forum independen Pengawal Pembangunan Kabupaten Fakfak (FORDEFA) melakukan aksi damai, yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Fakfak, Rabu (02/02/2022) Siang. 

Koordinator Aksi Yanto Hindom serta beberapa orator terpantau saat berorasi mendesak Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak segera mempercepat sidang penetapan APBD Tahun 2022. Massa juga meminta Bupati dan Wakil Bupati Fakfak mengganti Sekertaris Daerah Kabupaten Fakfak dan juga segera  dilakukan rotasi dan perombakan terhadap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Fakfak. 

Marrin news
Mama Wakil Bupati Fakfak Yohana D Hindom SE., M.M saat menemui Pendemo

Mama Wakil Janji akan Menindaklanjuti Tuntutan Pendemo

Terpantau, Melihat aksi FORDEFA Mama Wakil Bupati Fakfak Yohana D Hindom SE., M.M lantas langsung turun menemui pendemo. Kepada Pendemo Mama Wakil menegaskan bahwa dirinya bersama Bupati UT saat ini masih menunggu proses dan tahapan untuk menuju Sidang penetapan APBD Tahun Anggaran 2022 oleh DPRD. 

"Bukan hanya Fakfak saja, tetapi ada 7 Kabupaten yang terlambat semoga keterlambatan ini hanya di Tahun ini saja, " Kata Mama Wakil kepada pendemo.

"Saya dengan Bapak Bupati selalu pantau dan awasi teman-teman ASN, siapa yang benar-benar kerja dan siapa yang tidak, siapa yang datang hanya cari jabatan itu juga kitong tau," Ungkapnya.

Dirinya berjanji akan ada waktu dimana OPD akan dievaluasi. Mengingat saat ini sambungnya Pemerintah Daerah masih fokus menyusun RKA agar secepatnya dilakukan penetapan terhadap APBD Tahun 2022.

Setelah mendengar penjelasan Mama Wakil Bupati, Koordinator aksi Yanto Hindom langsung membacakan 5 (Lima) poin pernyataan sikap yang juga di saksikan Asisten III Setda Fakfak, Girin dan Asisten Bidang Pemerintahan Setda, Arobi Hindom serta ASN lingkup Pemkab FAKFAK kemudian langsung menyerahkannya kepada Mama Wakil Bupati Yohana D Hindom. SE., M.M.
Marrin news
Puluhan masa yang tergabung dalam Forum Independen Pengawal Pembangunan Fakfak (FORDEFA) saat menggelar aksi damai di kantor Bupati Fakfak, Rabu(2/02/2022) 

Berikut 5 poin pernyataan sikap FORDEFA, pertama meminta dengan hormat kepada Bupati dan Wakil Bupati Fakfak untuk mempercepat pelaksanaan sidang APBD Tahun Anggaran 2022. Kedua Bupati Dan Wakil Bupati Fakfak agar segera melakukan rotasi dan perombakan kabinet dilingkungan Pemerintah Kabupaten Fakfak. Ketiga meminta kepada Bupati dan Wakil Bupati Fakfak untuk segera menon-aktifkan Sekertaris Daerah Kabupaten Fakfak Saudara Ali Baham Temongmere. Keempat meminta Bupati dan Wakil Bupati Fakfak untuk tegas dalam pengambilan keputusan pada seluruh aspek dan Kelima meminta kepada Bupati dan Wakil Bupati Fakfak Untuk menepati Janji Politik. 

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar